Blog

Memahami Media Komunikasi Pemasaran

Artikel

Memahami Media Komunikasi Pemasaran

Putri (2019) menyatakan bahwa komunikasi pemasaran (marketing communication) adalah sarana dimana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual. Komunikasi pemasaran juga memiliki banyak fungsi bagi konsumen, sebagaimana dijelaskan oleh Philip Kotler dan Kevin Lane Keller (2009) bahwa komunikasi pemasaran dapat memberitahu atau dapat memperlihatkan kepada konsumen tentang bagaimana dan mengapa produk itu digunakan, oleh siapa, serta dimana dan kapan. Komunikasi pemasaran memungkinkan perusahaan menghubungkan merek mereka dengan orang, tempat, acara, merek, pengalaman, perasaan, dan hal lainnya. Mereka dapat berkontribusi pada ekuitas merek, dengan menanamkan merek dalam ingatan dan menciptakan citra mereka, serta mendorong penjualan, dan bahkan memengaruhi nilai saham.

Peran media dalam melakukan komunikasi pemasaran harus diperhatikan karena media penyampai pesan memegang peranan penting dalam proses komunikasi (Dwinanda 2018). Lebih lanjut, Ikhsania (2015) dalam Dwinanda (2015) menjelaskan macam-macam media pemasaran, antara lain:

  1. Media massa, terdiri atas media massa elektronik dan media cetak. Contoh media elektronik adalah televisi dan radio. Contoh dari media cetak adalah majalah dan koran.
  2. Media personal, media yang berisi informasi tentang gambaran atau profil dari sebuah perusahaan. Contoh dari media personal adalah katalog, brosur dan leaflet. 
  3. Media luar ruangan, media yang biasa ditempatkan iklan ditempat yang terbuka seperti di pinggir jalan, pusat perbelanjaan, gedung, dan sebagainya. Media yang digunakan berupa poster, stiker, billboard, spanduk, umbul-umbul, dan lainnya. Media ini memiliki kekuatan utama yaitu memiliki jangkauan yang luas, menarik, dan tingkat frekuensi tinggi.
  4. Media internet, media komunikasi pemasaran melalui internet antara lain media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan pemasaran viral seperti email dan blog. 
  5. Media antar pribadi yakni word of mouth atau kekuatan mulut dalam komunikasi bisnis merupakan bentuk promosi yang dilakukan oleh konsumen melalui perbincangan dengan konsumen lain.