Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Program Sarjana

  1. Mampu mengaplikasikan teori-teori/konsep sosiologi, psikologi sosial, pengembangan masyarakat, komunikasi, penyuluhan, kependudukan, kajian agraria, antropologi, dan ekologi manusia agar dapat berperan sebagai akademisi/peneliti/praktisi/penyuluh dan pendamping dalam bidang (a) Komunikasi dan Penyuluhan Pembangunan, (b) Pengembangan Masyarakat atau (c) Tatakelola Sumber Daya Alam dan Lingkungan.
  2. Mampu merancang, melaksanakan dan memonitor serta mengevaluasi program-program komunikasi/penyuluhan, pengembangan masyarakat, penatakelolaan sumber daya alam dan lingkungan berbasis ekosistem digital pada berbagai aras dalam kapasitas sebagai akademisi/peneliti/praktisi/ penyuluh dan pendamping dalam bidang (a) Komunikasi dan Penyuluhan Pembangunan, (b) Pengembangan Masyarakat atau (c) Tatakelola Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Mampu mengambil keputusan dengan tepat berdasarkan analisis informasi dan data dengan berbagai pendekatan serta mampu memfasilitasi masyarakat dalam memilih berbagai alternatif metode dan teknik berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pendidikan, penelitian, penyuluhan, pendampingan, dalam bidang komunikasi dan penyuluhan pembangunan, pengembangan masyarakat, atau penatakelolaan sumber daya alam dan lingkungan.
  3. Memiliki sikap jujur, kritis, kepemimpinan, empati, resilient, sensitif gender, komunikatif, keberpihakan pada kelompok marjinal, kerjasama dan berjejaring, adil dan setara, kreatif – inovatif, etis, partisipatif, dan berwirausaha sosial yang bertanggung jawab atas proses dan hasil kerja mandiri terhadap kelompok, organisasi, dan komunitas di tempat bekerja, serta pemangku kepentingan lainnya.