Blog

#BebasPlagiarisme: Tips dan Trik Menghindari Plagiarisme dalam Penulisan

unnamed-2
Berita

#BebasPlagiarisme: Tips dan Trik Menghindari Plagiarisme dalam Penulisan

Bogor – Mahasiswa Paralel 1 Mata Kuliah Komunikasi Perubahan Perilaku dan Perubahan Sosial (Kompersos) menggelar kampanye Anti Plagiarisme pada Jumat, 31 Mei 2024 dengan ber-tagline #NgopyGakSelaluBaik. 

Pada kegiatan kampanye Anti Plagiarisme yang dilakukan oleh mahasiswa Mata Kuliah Komunikasi Perubahan Perilaku dan Perubahan sosial, dijelaskan berbagai tips dan trik yang dapat dilakukan untuk menghindari plagiarisme dalam penulisan. Plagiarisme dapat didefinisikan sebagai tindakan copy paste tugas, seperti artikel, skripsi, buku, tugas akhir dan sumber-sumber lain yang bersifat ilmiah. 

Kegiatan plagiarisme menjadi hal serius di kalangan mahasiswa. Pasalnya banyak sekali mahasiswa yang terjerat dalam kasus plagiarisme, contohnya kasus yang baru-baru ini hangat dibicarakan yaitu kasus plagiat skripsi yang dilakukan oleh Mahasiswa Hukum, Universitas Muhammadiyah Palembang. Padahal, jika kalian melakukan plagiarisme terhadap karya orang lain tanpa melakukan konfirmasi apapun sama halnya dengan mencuri. 

Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut terdapat beberapa tips dan trik yang dapat dilakukan oleh mahasiswa agar penulisan kalian tidak dianggap plagiat.

Pertama, memahami materi

Pastikan Anda memahami dengan baik materi yang akan Anda tulis agar dapat menulis dengan gaya dan kata-kata Anda sendiri.

Kedua, membuat kerangka

Buatlah kerangka atau outline untuk tulisan Anda agar memiliki struktur yang jelas sebelum mulai menulis. Hal ini akan membantu Anda menyusun argumen dan alur cerita dengan lebih baik.

Ketiga, selalu parafrase

Parafrase merupakan keterampilan penting bagi mahasiswa untuk mengungkapkan ide-ide orang lain dengan kata-kata sendiri. Kegiatan ini melibatkan pemahaman yang mendalam tentang materi sumber dan kemampuan Anda untuk merestrukturisasi kalimat atau informasi dengan cara yang berbeda.

Keempat, berikan sitasi dari sumber yang digunakan

Jika anda mengutip atau menggunakan informasi dari sumber lain, petikan untuk memberikan kredit kepada sumber-sumber yang Anda gunakan dengan cara yang sesuai, baik itu dengan sitasi langsung atau mengacu pada sumber tersebut. Ini akan membantu Anda untuk menghindari plagiarisme dan juga menunjukkan bahwa Anda menghargai karya orang lain.

Kelima, periksa plagiarisme

Sebelum menyerahkan tugas, pastikan untuk memeriksa tulisan Anda menggunakan alat deteksi plagiarisme untuk memastikan keaslian tulisan Anda. Ada banyak alat deteksi plagiarisme yang dapat digunakan, seperti turnitin, Grammarly, PaperRater, ProWritingAid, Plagiarisma, Check-plagiarism, dll.

Itulah kelima tips dan trik yang cukup mudah dilakukan agar terhindar dari plagiarisme atau setidaknya mengurangi dari plagiarisme. Membuat sebuah karya yang bebas plagiarisme bukan hanya tentang menghindari konsekuensi negatif saja, tetapi juga tentang menjaga kredibilitas dan integritas baik bagi diri sendiri maupun kampus. Selalu ingat bahwa plagiarisme sangat berdampak buruk dan dapat merusak reputasi yang telah dibangun dengan jerih payah usaha Anda. 

Penulis: Adel | Editor : Eratri Rizki