Kurikulum

Kurikulum Sarjana

NoKode Mata KuliahMata KuliahDeskripsi Mata KuliahBobot SKSSemester
1BIO101Biologi UmumMata kuliah ini memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai kemajuan bidang biologi, inspirasi perilaku organisme dan pemanfaatan bidang biologi di masa kini. Penyampaiannya diawali dengan informasi keunggulan sumber daya hayati Indonesia, dilanjutkan dengan diskusi fenomena aktual dan pemberian teori biologi yang mendasarinya, seperti bioprospeksi dalam bidang pangan, lingkungan, kehidupan sosial organisme yang dapat menjadi inspirasi perilaku kita dalam bermasyarakat, dan pengobatan personal.Fenomena aktual lainnya yang akan disampaikan yaitu pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan melalui pemanfaatan feses, sumber energi terbarukan berbasis bahan biologi, dan penjagaan kelestarian biodiversitas hayati. Hasil karya mahasiswa yang berhubungan dengan materi pembelajaran dalam bentuk satu layar infografis diunggah ke course.ipb.ac.id dan pada akun instagram seluruh anggota tim, dan ditautkan ke akun @bioipb dan dikaitkan dengan SDGs poin 2 (zero hunger),poin 7 (affordable and clean energy), poin 13 (climate action), poin 14 (life below water), dan poin 15 (life on land).2 (2-0)1
2FIS1105Fisika Sains SosialMata kuliah ini membekali mahasiswa dengan berbagai kemampuan berpikir dan bertindak ilmiah melalui penguatan pemahaman dan perluasan wawasan mengenai konsep materi- energi dan interaksinya serta mampu menganalisis dan mengevaluasi pemanfaatannya alam pengembangan teknologi terkini.2 (2-0)1
3KIM100Kimia UmumMata kuliah ini membekali mahasiswa dengan berbagai skill set berpikir yaitu memotivasi rasa keingintahuan yang diperkuat dengan penggalian yang lebih dalam serta menyampaikan hasil dan evaluasinya yang berlandaskan pada teoriteori kimia yang terkait dengan bidang pertanian, kelautan, dan biosains tropika dalam arti yang luas.2 (2-0)1
4EKO1102Ekonomi DasarMata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan motivasi kepada mahasiswa untuk mengaktualisasikan dirinya agar lebih kreatif, inovatif dan berpikir kritis berlandaskan teori dan pendekatan kuantitatif dalam proses pengambilan keputusan ekonomi pada berbagai bidang terapan termasuk bidang pertanian, kelautan dan biosains tropika.2 (2-0)1
5IPB110CPertanian InovatifMemberikan pengetahuan, wawasan, pengalaman, paparan langsung, dan stimulasi untuk berkreasi dan berkarya dalam membangun pertanian yang inovatif. Pembahasannya meliputi: Pertanian secara luas: perkembangan pertanian-kehidupan-peradaban manusia; Sumber daya alam dan lingkungan; Agromaritim, agrarian dan kebijakan; Agro-ecosystem services, iklim dan pertanian cerdas; Pertanian berkelanjutan dan terpadu; Pangan, energi dan kesehatan, bioteknologi; Smart Agriculture, Smart Agriculture Extension; Agriculture Startup; Ekonomi hijau dan biru; Pertanian masa kini dan masa depan (tantangan dan solusi).2 (2-0)1
6MAT1102Matematika dan Berpikir LogisMata kuliah ini membahas konsep-konsep dasar matematika yang meliputi konsep logika matematika, kombinatorika, model linear (matriks dan sistem persamaan linear), model fungsi (fungsi linear dan taklinear), serta pemrograman linear. Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan membuat penilaian, menarik kesimpuan yang sesuai, berkomunikasi, mengekspresikan bukti kuantitatif, memperkuat argumen atau tujuan, membangun dan melatih berpikir logis (logical thinking ability).3 (2-1)1
7IPB110FBahasa InggrisMata kuliah ini disusun untuk mendorong mahasiswa mampu menggunakan bahasa Inggris sesuai kebutuhan dan konteksnya. Untuk itu diperkenalkan grammatical structures, rhetorical models dalam gagasan, pengembangan kosa-kata, dan bentuk-bentuk ujaran sesuai language functions dalam konteksnya masing-masing.2 (1-1)1
8IPB110DPendidikan PancasilaMata kuliah ini mendorong terbangunnya karakter bela negara pada diri mahasiswa, yaitu rasa cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, setia kepada Pancasila, rela berkorban, berkemampuan bela negara, dan semangat mewujudkan negara yang berdaulat adil dan makmur. Mata kuliah ini juga mendorong pengamalan iptek menuju terwujudnya cita-cita bangsa sesuai dengan Pembukaan UUD 1945.1 (1-0)1
9IPB100AgamaTerbagi enam agama yang diakui di Indonesia silahkan klik di tautan ini Agama3 (2-1)2
10KOM1102Berpikir KomputasionalMata kuliah ini memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang volatility, uncertainty, complexity, and ambiguity (VUCA) world yang akan dihadapi mahasiswa di era ke depan serta memberikan basis literasi komputasi dan etika dalam menggunakan teknologi informasi. Lebih spesifik mata kuliah ini menjelaskan tentang proses temu kenali masalah dan formulasi solusi dengan berfokus pada informasi yang penting ke dalam solusi generik (abstraksi), pemecahan masalah mencakup proses memecah masalah menjadi submasalah yang lebih kecil (dekomposisi), mencari kesamaan pola suatu masalah (pattern matching), dan membangun langkah solusi yang terstruktur (algoritme). Mata kuliah ini membentuk pola berpikir mahasiswa dalam mengekspresikan solusi dalam serangkaian langkah terstruktur yang dapat dilakukan oleh bantuan teknologi komputasi. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menerapkan cara pemecahan masalah melalui metode berpikir komputasional (computational thinking)2 (2-0)2
11IPB110EPendidikan KewarganegaraanMata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang pentingnya kesadaran belanegara generasi penerus bangsa dalam menjaga keutuhan NKRI melalui penguasaan dan penerapan IPTEK, yang berlandaskan 4 konsensus dasar yaitu nilai-nilai Pancasila, UUD NRI 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI guna mewujudkan pembangunan nasional yang berkelanjutan yang berdasar pada wawasan nusantara, ketahanan nasional dan kewaspadaan nasional yang selaras dengan prinsip-prinsip demokrasi, otonomi daerah, good governance, serta karakter antikorupsi.1 (1-0)2
12STA1111Statistika dan Analisis DataMata kuliah ini menjelaskan tentang konsep dasar statistika, pengertian tentang beberapa istilah dalam statistika (sampel, populasi, data, dll); berbagai tehnik memahami data (data understanding), yang meliputi penyajian dan peringkasan data, eksplorasi tentang keberadaan nilai ekstrim, eksplorasi pola sebaran, eksplorasi perbandingan antar grup, dan eksplorasi hubungan antar variabel; pemodelan (modelling), yang meliputi asosiasi, korelasi dan pengenalan model regresi linier; pengertian beberapa metode pengumpulan data, manajemen data serta beberapa tehnik penyajian informasi dalam presentasi hasil analisis, yang dapat diterapkan pada berbagai bidang terapan, seperti Pertanian, Biologi, Sosial, Bisnis, dan sebagainya. Mata kuliah ini juga menjadi dasar bagi mata ajaran bagi mata kuliah statistika lebih lanjut seperti Analisis Data Kategorik, Analisis Regresi, Perancangan Percobaan, Statistika Pengendalian Mutu, dan Analisis Deret Waktu.3 (3-0)2
13KPM1131SosiologiMata kuliah ini bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa Mengembangkan pola pikir mencari tahu (inquiring mind) berdasarkan konsep-konsep dan teori sosiologi (aspek pengetahuan), Melatih pola pikir antisipatif terhadap konsekuensi suatu proses perubahan akibat tindakan manusia (realitas dan masalah sosial) di masyarakat pada berbagai aras (aspek pemahaman-sikap), dan Melatih respon proaktif penuh minat terhadap perubahan sosial pada society 1.0 hingga society 5.0 (aspek aplikasi) serta mengenalkan keterampilan tentang metode pendekatan dan pemecahan permasalahan sosial di masyarakat. Topik-topik yang akan disampaikan dalam mata kuliah antara lain (1) Memahami Masyarakat secara Sosiologis; (2) Interaksi Sosial: Membangun Kerjasama dan Memfungsikan Konflik Sosial; (3) Potret Masyarakat dilihat dengan Lensa Struktur Sosial; (4) Keragaman dan Eksistensi Budaya Indonesia; (5) Dinamika Lembaga Sosial; (6) Dinamika Grup dalam Masyarakat yang Berubah; (7) Birokrasi dan Pecegahan Korupsi; (8) Dinamika Stratifikasi dan Mobilitas Sosial di Indonesia pada Era Digital; (9) Kekuasaan dan Wewenang; (10) Komunikasi: Merajut Hubungan Sosial; (11) Krisis Ekologi dan Modernisasi Ekologi; (12) Gender, Kesetaraan dan Inklusi Sosial; serta (13) Perubahan Sosial dalam Arus Globalisasi.2 (2-0)2
14IPB1106Bahasa IndonesiaMata kuliah ini berisi materi yang meningkatkan rasa cinta kebangsaan berupa sejarah bahasa Indonesia. Materi yang berkaitan dengan peningkatan keterampilan berbahasa berupa penulisan kalimat yang efektif mencakup ejaan, pemilihan kata, dan struktur. Materi untuk keterampilan membaca dan menulis berupa teknik penyusunan paragraf, penyusunan teks, pemilihan bacaan, berpikir kritis, dan penyusunan karya ilmiah. Materi untuk keterampilan berbahasa lisan berupa penyajian lisan. Hasil karya mahasiswa dalam bentuk kerangka paragraf, paragraf, jenis teks, salindia, video, dan makalah hasil penelitian sederhana.2 (1-1)2
15IPB110GOlahraga/SeniBentuk aktivitas bergantung pada UKM Olahraga/Seni atau klub olahraga/seni yang dipilih. Jika mengikuti kegiatan olahraga yang dijadwalkan PPKU, maka dalam kegiatan tersebut dibahas berbagai pendekatan secara teoritis dan praktek, sehingga dapat mengembangkan individu secara emosional dan intelektual dalam prakteknya meliputi pembentukan gerak, pembentukan sosial-masyarakat, dan pertumbuhan fisik dengan memanfaatkan ruang kelas indoor gymnasium dan lingkungan sekitar kampus IPB Dramaga, serta aktivitas-aktivitas tradisional.1 (0-3)2
16FMA1101Pembangunan Manusia dan Sumber Daya AlamMata kuliah ini mempelajari interaksi sistem sosial (individu, keluarga, kelompok dan masyarakat) dan sistem ekologi (keragaman hayati, air, tanah, udara dan karya manusia) mencakup permasalahan, tantangan, peluang, strategi dan solusi melalui pendekatan inovasi di bidang kebijakan, pangan, perilaku dan teknologi dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan.2 (2-0)2
Sub Total SKS32
NoKode Mata KuliahMata KuliahBobot SKSPrasyaratSemester
1-Mata Kuliah di program studi lain di IPB3-3
2-Mata Kuliah di program studi lain di IPB3-4
3-Credit Earning boleh diambil di Luar Negeri atau di Dalam Negeri (PTN terdekat di Jabodetabek)-4
4-International Academic Exchange Programme 3 (keikutsertaan pada kegiatan di Luar Negeri)3-5
5-Program Kreativitas Mahasiswa atau kegiatan kompetisi mahasiswa-5
6-Skema pengembangan keahlian sesuai Learning Outcome (misal: pengembangan radio kampus, pengembangan masyarakat desa di sekitar kampus, program lingkungan hidup yang diinisiasi dan dijalankan oleh mahasiswa bersama organisasi kemahasiswaan di IPB)-5
7-Proyek inovasi mahasiswa (misal: sanggar juara, rumah 3 literasi digital, bank sampah, energi pedesaan, dsb)3-6
Sub Total SKS21
NoKode Mata KuliahMata KuliahDeskripsi Mata KuliahBobot SKSPrasyaratSemester
1KPM1201Berfikir dan Menulis IlmiahMata kuliah ini mencakup pengajaran mengenai cara berfikir ilmiah, konsep-konsep berfikir, logika, berfikir logis, ilmu, pengetahuan, pengetahuan ilmiah dan etika keilmuan; mengenal ciri-ciri tulisan ilmiah; dan metode dan teknik penulisan ilmiah. Dalam mengajarkan teknik menulis ilmiah akan ditekankan pada pentingnya penggunaan bahasa ilmiah, pembuatan kutipan (kutipan langsung dan ‘pharaprase’), menghindari plagiarism, penyajian data dan informasi, penelusuran bahan pustaka, penyusunan daftar pustaka dan rujukan, pembuatan catatan kaki, dan melakukan studi pustaka.3 (2-1)IPB1063
2KPM121BKomunikasi PembangunanMatakuliah ini membahas pentingnya komunikasi dalam pembangunan dan perubahan sosial, isu-isu pembangunan, definisi komunikasi pembangunan, peran-peran komunikator pembangunan, pendekatan komunikasi pembangunan, peran dan kompetensi komunikator pembangunan, efek komunikasi pembangunan, konteks komunikasi pembangunan. Metode pembelajaran yang digunakan adalah diskusi, bermain peran dan permainan.3(2-1)KPM13113
3KPM121CIlmu Penyuluhan dan Komunikasi InovasiMata kuliah membahas penyuluhan sebagai bidang ilmu yang transdisiplin dan pendekatan praktis dalam membantu terjadinya perubahan perilaku ke arah yang lebih baik (tansformasi) melalui pendekatan pendidikan non formal dan komunikasi inovasi yang efektif. Pendekatan penyuiluhan yang konvensional dan modern dibahas dalam kuliah dan praktikum, POD, difusi inovasi, sistem dan kebijakan penyuluhan, perencanaan dan evaluasi program penyuluhan/komunikasi inovasi.3 (2-1)KPM13113
4KPM1227Kependudukan dan PembangunanMata kuliah ini membahas tentang isu-isu kependudukan, teori, konsep, dan metode dalam bidang Ilmu Demografi dan Kependudukan, mencakup berbagai aspek demografi terkait jumlah, pertumbuhan, persebaran dan komposisi penduduk akibat perubahan-perubahan dalam variabel demografi (fertilitas, mortalitas dan migrasi), kesehatan, struktur umur, urbanisasi, struktur keluarga/rumahtangga dan kebijakan kependudukan; menjelaskan kegunaannya dalam menganalisis masyarakat / penduduk di berbagai aras (rumahtangga, komunitas, regional, nasional dan global); dan membahas kaitan antara kependudukan dan pembangunan dengan berbagai konsekwensinya dari perspektif Sosiologi, Ekonomi, Geografi, dan Ekologi3 (2-1)KPM1311, EKO1013
5KPM1228Ekologi ManusiaMatakuliah ini memberikan kemampuan mahasiswa untuk melakukan aksi ekologi manusia dengan menggunakan sudut pandang interaksi antara manusia dan lingkungan hidupnya dalam suatu kerangka yang holistik. Di dalam mata kuliah ini diperkenalkan konsep-konsep ekologi, paradigma dan perspektif ekologi, etika lingkungan dan aneka krisis ekologi dan lingkungan kontemporer; serta langkah-langkah aksi yang dapat dilakukan oleh individu, keluarga, komunitas, organisasi, dan entitas global dalam merespons krisis ekologi dan lingkungan kontemporer. Praktik dilakukan dengan membuat proyek multimedia, memanfaatkan media sosial dan festival gerakoman (gerakan aksi ekologi manusia) sebagai sarana untuk gerakan aksi ekologi manusia.3 (2-1)KPM13113
6KPM1238Pengembangan MasyarakatMatakuliah ini menjelaskan landasan teoritis untuk pengembangan masyarakat yang terkait dengan konteks analisis dan aksi pengembangan masyarakat di lapangan dengan memahami latarbelakang dan pengertian pengembangan masyarakat; beragam isu dalam pengembangan masyarakat; prinsip-prinsip dasar pengembangan masyarakat; pendekatan pengembangan masyarakat secara holistik dan terpadu; dan prinsip-prinsip untuk menerapkan aksi pengembangan masyarakat.3 (2-1)KPM13113
7KPM1237Sosiologi PedesaanMata kuliah ini memperkenalkan pemahaman tentang masyarakat dan desa berdasarkan sosiologi pedesaan dengan topik bahasan: sosiologi pedesaan sebagai ilmu yang diterapkan, ketimpangan struktural ekonomi dan politik yang dihadapi pedesaan, konflik dan potensi konflik di pedesaan, desentralisasi pembangunan mengatasi ketimpangan struktural, kemiskinan dan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan desa, budaya kemiskinan masyarakat dan desa, inovasi teknologi dan komunikasi digital masyarakat desa, ekonomi politik desa membangun dan kerjasama antar desa, pola nafkah masyarakat pedesaan yang adaptif secara ekologis, perempuan dan keluarga di pedesaan, kepemimpinan dan kelompok strategis di pedesaan, desa dan perubahan sosial, dan perencanaan sosial dalam desa membangun.3 (2-1)KPM13113
8KPM1239Antropologi SosialMatakuliah ini disampaikan dalam dua bagian pokok. Bagian 1 menjelaskan tentang teori-teori antropologi dan pemahaman tentang masyarakat dan kebudayaannya, serta metodologi penelitian antropologi.
Bagian 2 difokuskan pada pembahasan tentang ekologi, ekonomi, pangan dan kesehatan, serta kaitannya dengan pengembangan masyarakat. Setelah berpartisipasi pada mata kuliah ini mahasiswa
mendapatkan wawasan antropologis dan keterkaitannya dengan aspek-aspek kehidupan sosial yang lebih luas terutama terkait dengan ekologi, ekonomi, pangan, dan kesehatan. Harapannya adalah agar
mahasiswa dapat menerapkannya dalam aktivitas akademis dan praktisnya di masyarakat.
3 (2-1)KPM13114
9KPM1229Kajian AgrariaMatakuliah ini membahas struktur agraria dan perubahannya termasuk didalamnya bagaimana hal ini saling berkaitan dengan transformasi lingkungan dan sistem tenurial pedesaan serta dampak yang ditimbulkan pada berbagai kelompok sosial di pedesaan (berdasarkan kelas, gender, dan umur). Selanjutnya menjelaskan tentang proses ekspansi kapitalisme dan pengaruhnya terhadap struktur agraria post kolonial, dan kemiskinan di pedesaan. Mata kuliah ini dilengkapi dengan pengenalan dasar administrasi pertanahan di Indonesia. Selanjutnya metodologi kajian agraria disajikan dengan memberi gambaran studi-studi agraria terdahulu untuk memberikan perspektif kajian agraria yang luas agar mahasiswa dapat mengidentifikasi isu agraria, merumuskan pertanyaan penelitian sekaligus menganalisis signifikansi pertanyaan penelitian agraria. Perkuliahan ditutup dengan review terhadap materi yang sudah diberikan dan sekaligus sebagai pengantar untuk mata kuliah lanjutan pada pogram konsentrasi yaitu MK. Kajian Reforma Agraria.3 (2-1)KPM13114
10KPM123APsikologi SosialMata kuliah ini menekankan pada aspek-aspek psikologis manusia, baik sebagai individu maupun sebagai anggota kelompok, komunitas dan masyarakat di lingkungan pertanian dan perdesaan. Kuliah ini akan memberikan penjelasan tentang berbagai perspektif psikologi sosial dalam pembentukan tingkah laku manusia, konsep-konsep dasar psikologi sosial pada aras individu, seperti: Persepsi; Sikap dan prasangka sosial; Pengukuran persepsi dan sikap; Self dan Identity; dan konsep-konsep dasar psikologi sosial pada aras kelompok, komunitas dan masyarakat, seperti: Pengaruh sosial, konformitas, dan kepatuhan; Perilaku prososial dan agresi; Cyberpsychology; Psikologi Sosial dalam pengembangan masyarakat; serta Psikologi Sosial untuk lingkungan yang berkelanjutan.3 (2-1)KPM13114
11KPM121DPendidikan Orang Dewasa dan Manajemen PelatihanPengertian konsep, terminologi dan sejarah perkembangan dan tujuan pendidikan orang dewasa, falsafah umum, kerja dan fasilitator pendidikan orang dewasa, perspektif psikologis, rentang hidup dan model belajar orang dewasa, teori belajar dan aliran pemikiran POD dan perspektif ahli POD, teori-teori motivasi, gaya belajar orang dewasa. Pelatihan menurut analisis diskrepansi dan teknik analisis kebutuhan pelatihan, rumusan tujuan pelatihan berbasis kompetensi, analisis tugas dan penyusunan tujuan behavioral, menyeleksi isi pelajaran, strategi, dan alat bantu pelatihan, menyusun desain evaluasi, pengembangan sumberdaya dan lingkungan, pengembangan rencana pengajaran, serta pengembangan kurikulum.3 (2-1)KPM121B4
12KPM1308Gender dan PembangunanKonsep gender, identitas & peran gender, pembagian kerja, kesetaraan dan keadilan gender (KKG); Perkembangan teori&gerakan perempuan; isu-isu dan masalah gender dalam pembangunan, pendekatan gender dalam pembangunan (WID, WAD, dan GAD); Kebijakan gender dan inklusi sosial (PUG dan GESI); Metode-metode analisis gender (Harvard, Moser, dan Longwe), serta Penerapan analisis gender dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan, sistem penghidupan, gerak penduduk, pengembangan masyarakat, dan komunikasi digital dalam perspektif pembangunan berkelanjutan.2 (1-1)KPM13115
13KPM133BKelembagaan, Organisasi, dan KepemimpinanMata kuliah ini menjelaskan Kelembagaan, Organisasi, dan Kepemimpinan sebagai ilmu yang diterapkan untuk pemahaman kelembagaan dan organisasi berdasarkan konsep, ciri, dan tipe perkembangan pengorganisasian dalam masyarakat, termasuk organisasi-organisasi modern-birokrasi. Pemahaman ini dijadikan sarana menganalisis situasi sosial dan pengembangan kelembagaan baik di aras desa (lokal), dalam kaitan hubungan masyarakat desa dengan kota, konteks kebijakan nasional maupun hubungan komunitas dengan dunia internasional. Situasi sosial di berbagai aras tersebut dibahas juga dalam konteks kepemimpinan dalam organisasi, tipe, dan pola kepemimpinan, prasyarat dan aspek situasi kepemimpinan, kepemimpinan kelompok dan asas kepemimpinan yang efektif. Semua mahasiswa peserta kuliah diharapkan mampu menilai dan meningkatkan kompetensi menemukan dan menyertakan lembaga dan organisasi kemasyarakatan untuk kegiatan pengembangan masyarakat.2 (1-1)KPM13115
14KPM1309Metodologi Penelitian SosialMatakuliah ini bertujuan memberi kemampuan kepada mahasiswa untuk merancang usulan penelitian dan melaksanakan seluruh proses penelitian sosial melalui pembelajaran mengenai berbagai metode penelitian dalam Ilmu-ilmu sosial; khususnya membahas secara mendalam proses penelitian survey berikut cara menganalisis dengan kombinasi data kualitatif, serta permasalahan yang berhubungan dengan itu.3 (2-1)KPM2015
Sub Total SKS40
NoKode Mata KuliahMata KuliahDeskripsi Mata KuliahBobot SKSPrasyaratSemester
1KPM130APerubahan SosialMatakuliah ini menjelaskan teori-teori perubahan sosial, yakni teori struktural fungsional, konflik, modernisasi, ketergantungan, dan sistem dunia. Di dalamnya dijelaskan pengertian, sebab, pola, sumber dan bentuk perubahan sosial, kepemimpinan dan perubahan sosial, gerakan sosial, perubahan berencana dan pemberdayaan, teknologi dan perubahan sosial, globalisasi dan perubahan sosial (Risk Society, disintegrasi sosial, generasi X,Y,Z,Milenial), pembangunan berkelanjutan (tipologi desa, Smart Village, kedaulatan desa, SDGs) dan peranan aktor sosial dalam menggerakkan pembangunan untuk kesejahteraan manusia. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan dapat menjelaskan konsep dan fenomena perubahan sosial dari berbagai teori dan perspektif, baik di level mikro, meso, maupun makro.2 (1-1)KPM13115
2KPM130BEkonomi Lokal dan Kewirausahaan SosialMatakuliah ini memberikan pengetahuan teori, konsep, dan empiris untuk memahami perkembangan dan dinamika ekonomi lokal (masyarakat setempat) serta munculnya kewirausahaan sosial. Sistematika pembelajaran disusun mulai pengetahuan teori, konsep dan fakta empiris dengan menjelaskan situasi ekonomi lokal (masyarakat setempat), konsep ekonomi lokal, keterkaitan antara ekonomi lokal dan pengembangan masyarakat, munculnya kewirausahaan sosial, konsep kewirausahaan sosial, lima komponen penting dalam pengorgansiasian kewirausahaan sosial, pola pengembangan wirausaha sosial atau social enterprise sebagai pengelola ekonomi lokal berbasis pengembangan masyarakat.2 (1-1)KPM13116
3KPM130CMetode Penelitian KualitatifMatakuliah ini memberikan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa tentang penggunaan pendekatan penelitian kualitatif untuk memahami fenomena sosial dalam masyarakat. Mata kuliah ini melingkupi penguasaan dasar filosofi, prinsip-prinsip dan konsep-konsep pendekatan penelitian kualitatif, memahami karakteristik, perbedaan & persamaan, kekuatan dan kelemahan penelitian kualitatif vs penelitian kuantitatif, serta memahami ragam pendekatan penelitian kualitatif fenomenologi; etnografi; grounded research; studi kasus. Matakuliah ini bertekanan pada penguatan data collection terstruktur maupun tak terstruktur dan penerapannya, data analysis dan penggunaan perangkat program komputer dalam penelitian kualitatif. Penguasaan content analysis, narrative analysis, dan opini publik dalam masyarakat, juga menjadi perhatian penting. Pada akhirnya, matakuliah membekali mahsiswa kemampuan mengkonseptualisasi gagasan dan penarikan kesimpulan seturut prosedur penelitian kualitatif, serta perumusan arah kebijakan pengembangan masyarakat dari hasil penelitian kualitatif.2 (1-1)KPm3096
4KPM130DTeknik-Teknik PartisipatorisMatakuliah ini bertujuan untuk mengajak mahasiswa untuk memahami tentang Pengertian Partisipasi dan tipologi, Sejarah Partisipasi di dalam Pembangunan, Hambatan dari Partisipasi Masy. dalam Pembangunan, Peran komunikasi dan partisipasi dalam pembangunan, Berkembangnya Participatory Rural Appraisal (PRA), Perbedaan antara PRA, PRCA dan riset komunikasi tradisional, Aplikasi (Lingkup Pemanfaatan ) PRA, Metode-metode PRA Terkait Ruang (Space-related PRA Methods), Metode PRA yang Berkaitan dengan Waktu (Time-related PRA Methods), Metode PRA yang Berkaitan dengan Relasi (Relation-related PRA Methods), Prinsip PRCA, Teknik-teknik PRCA.2 (1-1)KPM2386
5KPM130ESosio Ekosistem DigitalSetelah mengikuti kuliah ini mahasiswa mampu menjelaskan cakupan dan mengaplikasi konsep, pendekatan dan strategi pengembangan sosio ekosistem digital dalam penguatan inovasi sosial dan kontekstual sosio-budaya ekonomi-politik dalam ragam ekosistem di Indonesia. Bahasan meliputi Cakupan dan Perspektif Sosio Ekosistem Digital (Digitized, Digitalization hingga Transformasi Masyarakat Digital), Pendekatan dan Strategi Sosio Ekosistem Digital dalam Komunikasi Pengembangan Masyarakat, Konsep Pribadi dalam Komunitas Digital, Konsep Kepemimpinan Digital dan Pengembangan Kapasitas Diri Mengelola Sosio Ekosistem Digital, Pengembangan Start-Up dan Kelembagaan Usaha Ekonomi Digital Milik Komunitas, Konteks Protokol Menangani Krisis, Jejaring Tata Kelola Kolaborasi Berbasis Ekosistem Digital untuk Usaha Komunitas Berbasis Desa.2(1-10KPM13116
6KPM130FTeknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pemberdayaan MasyarakatMata kuliah menjelaskan ruang lingkup dan perkembangan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan masyarakat. Kemudian menjelaskan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta penerapannya untuk pengembangan masyarakat dalam berbagai moda, serta dampak penerapan tersebut terhadap perkembangan pada aras individu, kelompok dan masyarakat.2 (1-1)KPM121B6
7KPM1406Manajemen Komunikasi Antar BudayaSetelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa mampu membuat program komunikasi untuk advokasi, membangun jejaring, membangkitkan kesadaran kritis dan mengelola konflik terkait isyu-isyu pengembangan budaya. Mata kuliah ini membahas issue-issue budaya dan pengelolaannya dalam pengembangan masyarakat, teori-teori komunikasi antar budaya, analisis stakeholder, teori-teori pembelajaran sosial, konsep manajemem konflik dan pengorganisasian komunitas. Merupakan arena mahasiswa menunjukan sikap kritis dan menghargai keberagaman budaya dan mengaplikasikannya dalam merancang pesan komunikasi dan role playing dalam advokasi dan penyadaran kritis suatu kasus issue budaya, membuat video clip contoh interaksi komunikasi antar budaya secara berkelompok.2 (1-1)KPM121B, KPM237, KPm2387
8KPM1407Perencanaan dan Evaluasi Program PartisipatifMatakuliah ini membahas posisi perencanaan dan evaluasi dalam program pengembangan masyarakat dan kaitan antar keduanya; Dipelajari pula cara yang benar untuk melakukan evaluasi program/proyek pengembangan masyarakat secara partisipatif; Di samping itu dipelajari cara melakukan penyusunan rencana program pengembangan masyarakat secara partisipatif.3 (2-1)KPM130D7
Sub Total SKS17

Konsentrasi Komunikasi dan Penyuluhan Pembangunan

NoKode Mata KuliahMata KuliahDeskripsi Mata KuliahBobot SKSPrasyaratSemester
1KPM121EDinamika dan Komunikasi KelompokMata Kuliah ini membahas tentang komunikasi yang terjadi pada interaksi manusia di tingkat kelompok baik secara teoritis maupun terapan. Mata Kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami konsep, teori dan prinsip-prinsip dasar yang mendasari dinamikan dan komunikasi kelompok (a) menjelaskan konsep dasar mengenai kelompok dan teori komunikasi kelompok. (b) Analisis jarigan komunikasi dan identifikasi gaya kepemimpinan dalam kelompok. (c) mengembangkan iklim positif dalam kelompok, melakukan pengambilan keputusan dan pemecahan masalah serta mengelola konflik dalam kelompok, (d) memfasilitasi pengembangan kelompok untuk pembangunan.2 (1-1)KPM121B4
2KPM121FJurnalistik PembangunanMata kuliah ini diberikan agar mahasiswa memperoleh pengalaman belajar tentang Jurnalistik Pembangunan yang meliputi; konsep jurnalistik pembangunan, peranan dan fungsi jurnalistik pembangunan, media jurnalistik dan literasi media, analisis isi (konten) media jurnalistik dan penentuan agenda dalam jurnalistik pembangunan. Mata kuliah ini juga membahas prinsip dan proses jurnalistik, prinsip dan proses penulisan jurnalistik, prinsip dan teknik penulisan berita, penerapan jurnalistik untuk advokasi, mobilisasi/aliansi dan pengembangan kapasitas, serta perancangan dan pengelolaan media jurnalistik.2 (1-1)KPM121B4
3KPm1318Media Siaran dan Komunikasi DigitalMata Kuliah ini bertujuan untuk mengajak mahasiswa agar memahami tentang berbagai teori, metode, aplikasi teori komunikasi melalui media siaran komunikasi digital. Dalam sub bahasan media siaran mahasiswa akan mempelajari pengertian dan sejarah media siaran, sistematika program siaran, khalayak layanan media siaran, teknik dan metoda siaran, pemograman dan perhitungan rating pada media siaran, kualifikasi penyelenggaran siaran dan evaluasi siaran (manajer, personal dan organisasi penyiaran serta naskah siaran). Pada sub bahasan komunikasi digital, sosial media, dan penyelenggaraan radio & televisi plaform digital.2 (1-1)KPM121B5
4KPM1319Komunikasi Bisnis dan Hubungan MasyarakatMatakuliah ini menjelaskan pengertian konsep, teori, dan prinsip-prinsip yang mendasari komunikasi bisnis dan public relations (mulai dari pengertian, tujuan dan bentuk komunikasi bisnis, komunikasi dalam manajemen dan organisasi, komunikasi dengan berbagai stakeholders); permasalahan komunikasi bisnis pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), pemasaran sosial (social marketing) serta diseminasi informasi dan komunikasi program pembangunan; metode serta keterampilan-keterampilan yang perlu dimiliki dalam komunikasi bisnis dan public relations, yang efektif dalam pemberdayaan dan pengembangan UMKM serta produk terutama di bidang pertanian (arti luas) dan jasa lingkungan.2 (1-1)KPM121B5
5KPM131AKomunikasi Perubahan Perilaku dan Perubahan SosialMata kuliah ini membahas pengertian komunikasi untuk perubahan perilaku dan perubahan sosial, menganalisis dengan teori dan konsep dari perspektif psikologi sosial dan sosiologi yang relevan, prinsip, prosedur dan teknik merancang program komunikasi untuk perubahan perilaku dan perubahan sosial.2 (1-1)KPM121B6
6KPm131BTeknologi Komunikasi dan PenyuluahMata kuliah ini membahas filosofi dan implikasi pemanfaatan teknologi komunikasi dan penyuluhan, perkembangan teknologi komunikasi dan penyuluhan, teknologi komunikasi cetak, teknologi komunikasi audio, teknologi komunikasi audio visual, perancangan dan pengembangan teknologi komunikasi dan penyuluhan, serta evaluasi pemanfaatan teknologi komunikasi dan penyuluhan.2 (1-1)KPM121B6
Sub Total SKS22

Konsentrasi Tata Kelola Sumber Daya Alam dan Lingkungan

NoKode Mata KuliahMata KuliahDeskripsi Mata KuliahBobot SKSPrasyaratSemester
1KPM122AEkologi Pedesaan dan PertanianMata kuliah ini membahas adaptasi timbal-balik (ko-adaptasi) antara sistem sosial dan sistem ekologi serta perwujudannya menjadi beragam sistem agroekologi di Indonesia. Selain itu juga membahas transformasi ragam sistem agroekologi tersebut dan respons terhadapnya, mulai dari respon koadaptasi di tingkat rumah tangga,
kelompok/komunitas, hingga gerakan sosial di bidang Agroekologi. Penyelenggaraan perkuliahan ini mencakup penjelasan atas konsep-konsep kunci dan gambaran empiris, analisa data Potensi Desa (Podes), Google earth dan photo voices, serta diskusi bacaan dan film untuk menyusun profil bentang alam dan sistem penghidupan berbasis sistem agroekologi.
2 (1-1)KPM2284
2KPM122BTata Kelola Sumberdaya AlamMata kuliah ini memberikan pengantar mengenai kebijakan dan rezim tata kelola sumber daya alam, aktor-aktor yang terlibat, dan dinamika pelaksanaannya pada ragam konteks ekosistem dan jenis sumber daya alam. Bagian pertama mata kuliah ini difokuskan pada konsep, teori dan pendekatan kunci seputar tata kelola sumber daya alam. Bagian kedua membahas berbagai rezim dan kebijakan tata kelola sumber daya alam dari perspektif aktor, mulai dari aras global, nasional, daerah hingga lokal. Bagian ketiga menukik lebih dalam lagi pada pelaksanaan tata kelola sumber daya alam dan kontestasinya pada lima konteks ekosistem dengan sumber daya alam berlainan, yakni kawasan konservasi, wilayah pesisir dan kelautan, wilayah produksi pangan, wilayah perkebunan, dan kawasan hutan. Mata kuliah ini juga akan diisi dialog bersama para pemangku kepentingan tata kelola sumber daya alam serta ditutup dengan review akhir perkuliahan.2 (1-1)KPM2284
3KPM1329Pengelolaan Kolaboratif Sumerdaya AlamMata kuliah ini membahas prinsip dasar, nilai-nilai, dan urgensi kolaborasi dalam pengelolaan SDA. Melalui pemahaman atas persoalan, kontestasi, pertarungan, dan konflik akses sumber daya alam yang terjadi, dengan bersandar pada teori dan konsep-konsep sumber daya bersama (the commons), properti, akses, relasi kuasa (power relations), rezim pengelolaan SDA, model-model kolaborasi sebagai elemen-elemen dasar untuk membangun pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan dan berkeadilan. Sehingga mahasiswa mampu merumuskan langkah-langkah kolaborasi dalam pengelolaan sumber daya alam bagi para pihak (stakeholders) khususnya para kelompok pengguna (user group), setelah memetakan masalah dan aktor, serta memahami situasi dan kondisi sosial, budaya, dan ekonomi politik yang menyertainya.2 (1-1)KPM2285
4KPM132AKajian Reforma AgrariaMata kuliah ini membahas tentang kronik sejarah, konsep-konsep dasar, ragam faktor pendorong, dan praktik-praktik Reforma Agraria di dunia dan Indonesia. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu bersikap kritis, memiliki aksiologis keberpihakan pada kaum marjinal pedesaan, dan kemampuan analitis atas implikasi sosial, ekonomi, dan politik dari Reforma Agraria.2 (1-1)KPM2285
5KPM132BTata Kelola Lingkungan HidupMatakuliah ini mencakup pemahaman terhadap isu-isu kritikal lingkungan hidup, dari
perspektif, teori-teori dan konsep-konsep tata kelola lingkungan hidup pada tingkat unit-
business, lokal, regional /nasional dan trans-nasional/ internasional. Matakuliah juga
memahami rule and policy making processes pada berbagai arena dimana multi pihak
(negara, swasta dan masyarakat) terlibat. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diberikan
pemahaman tentang pendekatan-pendekatan riset, parameter dan indikator tata kelola
lingkungan hidup. Juga, diajarkan melakukan refleksi kritis tata-kelola lingkungan hidup
dan relevansinya dengan pengembangan masyarakat pedesaan serta perancangan
ide/instrumen untuk implementasi tatakelola lingkungan hidup dalam praktik sehari-hari
di tingkat lokal/ regional/ nasional.
2 (1-1)KPM2286
6KPM132CSumberdaya Alam, Keadilan dan PerdamaianMata kuliah ini membahas peran faktor sumber daya alam (SDA) dalam ragam jenis, kondisi, dan corak eksploitasinya terhadap kondisi keamanan atau, sebaliknya, ketidakamanan insani (human security/insecurity). Pembahasan akan difokuskan pada konflik terkait SDA berskala besar beserta upaya-upaya pencegahan dan penyelesaiannya. Selain membekali mahasiswa dengan pendekatan konseptual dan teoritis mengenai hubungan SDA dengan human (in)security, mata kuliah ini juga akan menelaah kasus-kasus empiris dari mancanegara mengenai peran faktor SDA dalam dinamika konflik dan perdamaian. Hal ini mencakup peran SDA sebagai pemicu atau pelanggeng konflik (faktor risiko), sebagai sasaran dari dinamika konflik dan kekerasan (variabel terdampak), atau sebagai kerangka dasar penyelesaian konflik, konsolidasi perdamaian dan pembangunan berkelanjutan (faktor peluang). Selanjutnya, mata kuliah ini akan mendaratkan semua pembahasan tersebut pada konteks khusus di Indonesia. Bagian ini akan membicarakan peran faktor SDA dalam dinamika konflik dan perdamaian pada sejumlah kasus menonjol di tanah air, seperti konflik komunal di Poso dan Maluku maupun konflik etno-nasionalis di Aceh dan Papua. Mata kuliah ini akan ditutup dengan refleksi dan pembelajaran dalam rangka menghasilkan prinsip-prinsip pembangunan berbasis SDA yang berkeadilan, sensitif konflik, dan berkelanjutan.2 (1-1)KPM2286
Sub Total SKS22

Konsentrasi Pengembangan Masyarakat

NoKode Mata KuliahMata KuliahDeskripsi Mata KuliahBobot SKSPrasyaratSemester
1KPM123BTeori-Teori Sosiologi dalam Praktek Pengembangan MasyarakatMatakuliah ini menjelaskan: Sejarah dan latar belakang Teori-teori Sosiologi; Asumsi-asumsi Teori-teori Sosiologi tentang masyarakat (komunitas); Konsep-konsep dan proposisi Teori-teori Sosiologi yang relevan dengan masyarakat dan pengembangan masyarakat; Penggunaan Teori-teori Sosiologi dalam praktek pengembangan masyarakat; dan Keunggulan dan kelemahan Teori-teori Sosiologi dalam praktek pengembangan masyarakat.2 (1-1)KPM13114
2KPM123CKapital dan Investasi SosialMatakuliah diberikan untuk membekali mahasiswa dengan wawasan pengetahuan dan pemahaman mengenai kapital dan investasi sosial untuk pengembangan masyarakat sehingga mahasiswa mampu menganalisis, menerapkan dan melaporkan kapital dan investasi sosial dalam pengembangan masyarakat.2 (1-1)KPM1311, KPM2384
3KPM133CMasyarakat dan TeknologiMatakuliah ini pada intinya menjelaskan hubungan timbal balik antara masyarakat dan teknologi. Akan dibahas faktor-faktor sosial budaya atau sumber yang mendorong perkembangan teknologi, kaitan antara ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan teknologi dari pra industri hingga era industri 4.0, keragaan teknologi di berbagai bidang, difusi teknologi, beragam dampak perkembangan teknologi terhadap masyarakat dan lingkungan, serta tata kelola teknologi.2 (1-1)KPM1311, KPM2385
4KPM133DKelembagaan Ekonomi PedesaanMatakuliah ini memberikan pengetahuan teori, pengetahuan empiris dan metodologi kerja lapangan untuk memahami dinamika kelembagaan ekonomi pedesaan. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, materi kuliah disusun secara sistematis agar pengetahuan teori, empiris dan metodologi terakumulasi dan mudah diserap oleh mahasisswa dengan mempertimbangkan aspek-aspek historis, keanekaragaman sosial budaya, etnis, sejarah perkembangan masyarakat, ekologi pedesaan Indonesia dan berbagai faktor pengaruh luar seperti: penetrasi ekonomi luar, munculnya organisasi sosial kemasyarakatan dan LSM dengan beragam bidang/aspek kehidupan konsentrasinya, migrasi internal dan Pekerja Migran Indonesia (PMI), perkembangan dunia swasta, dan berbagai bentuk intervensi pemerintah dan agen-agen perubah lainnya.2 (1-1)KPM1311, KPM2385
5KPM133EResiliensi KomunitasSetelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa mampu melakukan social assessment untuk mengevaluasi kapasitas adaptasi dan resiliensi komunitas dalam menghadapi gangguan/ bencana yang disebabkan oleh bencana alam, bencana non alam atau bencana sosial. Mata kuliah ini membahas berbagai jenis gangguan/bencana dan dampaknya pada komunitas, pengertian resiliensi komunitas dan vulnerabilitas, sumber daya dan kapasitas adaptif serta elemen-elemen pembangun resiliensi komunitas, metode social assessment dan social analysis secara kuantitatif maupun kualitatif dan membangun aksi kolektif sebagai strategi resiliensi komunitas.2 (1-1)KPM1311, KPM2386
6KPM133FPolitik Pertanian dan Pembangunan PedesaanMatakuliah ini menjelaskan sejarah politik pertanian dan pedesaan, konsep, orientasi, dan perilaku politik serta kasus-kasus politik pertanian dan pedesaan di Indonesia secara holistik dengan pendekatan dan metodologi penelitian politik dan pertanian baik secara kualitatif maupun kuantitatif.2 (1-1)KPM1311, KPM2386
Sub Total SKS22
NoKode Mata KuliahMata KuliahDeskripsi Mata KuliahBobot SKSPrasyaratSemester
1IPB400Kuliah Kerja Nyata TematikKuliah Kerja Nyata Tematik Institut Pertanian Bogor (KKNT IPB) merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus, yang secara langsung bersama-sama masyarakat mengidentifikasi dan menangani masalah-masalah pertanian dalam arti luas dan lingkungan serta masalah pemberdayaan masyarakat dan pembangunan lain yang dihadapi di daerah.

Kegiatan KKNT IPB diharapkan dapat: a) Mengasah soft skill mahasiswa untuk berfikir kritis dan analitis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif lintas disiplin/keilmuan; b) Meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi; c) Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan inisiasi pemecahan masalah pembangunan, berempati terhadap masalah sosial, budaya dan lingkungan; d) Mengasah kepemimpinan mahasiswa adaptif berbasis ilmu pengetahuan teknologi dan seni yang inovatif; e) Menjadi wahana civitas akademika IPB dalam membantu memberikan solusi terhadap permasalahan masyarakat.
4SKS Kumulatif 1086
2KPM1403Studi PustakaMata kuliah ini berupa kegiatan menulis Karya Ilmiah berdasarkan kajian pustaka atas topik tertentu yang dikerjakan secara mandiri oleh mahasiswa dengan dengan bimbingan dosen. Hasil studi pustaka berupa hasil Karya Ilmiah tersebut akan menjadi bagian awal dari proposal penelitian skripsi.3KPM309, Minimal 102 sks6 dan 7
3KPM1408Ko Kreasi 1Matakuliah ini diberikan untuk membekali mahasiswa dengan wawasan pengetahuan dan pemahaman tentang penyusunan prototype pengembangan masyarakat yang didasarkan pada Teori U, sehingga mahasiswa mampu menganalisis, menerapkan penyusunan, melaporkan agenda pembuatan prototype pengembangan masyarakat sebagai bagian dari kolaborasi antar lembaga.3-7
4KPM1409Ko Kreasi 2Matakuliah diberikan setelah penyelenggaraan Matakuliah Ko-kreasi 1 untuk mahasiswa mendapat pemahaman dan pengalaman lapangan sebagai penggerak kerjasama antar lembaga untuk melaksanakan pembuatan prototype pengembangan masyarakat secara kolaboratif dan disajikan dalam acara festival kreatif pengembangan masyarakat.5-7
5KPM1497KolokiumKolokium adalah suatu pertemuan ilmiah dalam bentuk seminar untuk membahas makalah yang berisi ringkasan proposal penelitian skripsi mahasiswa sebagai bahan masukan untuk perbaikan proposal penelitian skripsi.1KPM1403, Minimal 106 sks (reguler), minimal 103 sks (akselerasi)7 dan 8
6KPM1499SkripsiSkripsi adalah kegiatan ilmiah yang diawali dengan penelitian mandiri untuk meningkatkan kemampuan analisis berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah berdasarkan hasil temuan di lapangan. Kegiatan penelitian menggunakan metode survei (kuantitatif) didukung dengan deskriptif kualitatif yang diperkaya dengan data sekunder dalam upaya menghasilkan pengetahuan empirik, teori, konsep, metodologi, atau informasi baru yang memperkaya ilmu pengetahuan.6KPM309, KPM403, KPM497, Minimal 137 sks7 dan 8
Sub Total SKS22