Program Studi

  • home
  • Prodi Magister

Program Magister (S2)

Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat mengampu dua program studi magister, yakni:

  1. Program Magister Komunikasi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan (KMP)
  2. Program Magister Sosiologi Pedesaan (SPD)

Magister Komunikasi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan

Visi 

“Menjadi penyelenggara program magister terkemuka dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, dengan kompetensi ilmu terapan komunikasi pembangunan yang partisipatif.”

 

Misi

Sehubungan dengan visi program magister yang telah ditetapkan, maka dirumuskan misi KMP di jenjang magister sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengembangan ilmu komunikasi pembangunan partisipatif, sesuai dengan perkembangan bidang ilmu komunikasi pembangunan pertanian dan pedesaan;
  2. Menyediakan tenaga ahli komunikasi pembangunan yang profesional dalam mendukung kelancaran sistem informasi pembangunan untuk mewujudkan pembangunan yang berkeadilan;
  3. Mendiseminasikan hasil penelitian melalui forum nasional maupun internasional serta mendorong partisipasi staf pengajar dan mahasiswa dalam kegiatan ilmiah;
  4. Menyediakan pelayanan profesional bagi masyarakat dalam bidang penelitian pembangunan pertanian pedesaan melalui keilmuan komunikasi pembangunan.

Magister Sosiologi Pedesaan

Visi

"Menjadi Program Studi unggul dan menjadi rujukan dalam menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi riset-ilmiah di bidang Sosiologi Pedesaan di Asia-Tenggara pada tahun 2035."

 

Misi

Konsisten dengan muatan visinya, maka misi Program Mayor/Program Studi S2 SPD dirumuskan sebagai berikut:

  1. Menyelengarakan pendidikan di bidang ilmu sosiologi pedesaan dengan perhatian utama pada: proses-proses transformasi sosial di masyarakat desa dan perdesaan dengan memperhitungkan perkembangan ekosistem digital, pengembangan masyarakat, dan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup yang berkeadilan dan berkelanjutan.
  2. Melaksanakan penelitian di bidang ilmu sosiologi pedesaan dengan topik utama pertanian tropika dalam arti luas di kawasan daratan, pesisir dan lautan dengan memperhitungkan perkembangan ekosistem digital, pengembangan masyarakat, dan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup yang berkeadilan dan berkelanjutan.
  3. Melaksanakan kolaborasi riset dengan pendekatan beragam disiplin ilmu melalui pendekatan inter atau multidisiplin untuk menyelesaikan permasalahan dalam masyarakat desa dan perdesaan berbasis riset.

Akreditasi Program Studi Magister Komunikasi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan

Program Magister Studi Komunikasi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan kembali memperoleh Akreditasi A sesuai Ketetapan dan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN_PT) No. 2606/SK/BAN-PT/Akred/M/VIII/2017 sampai dengan 1 Agustus 2022.

I_S2_SKPM_KMP (2017-2022).pdf

Akreditasi Program Studi Magister Sosiologi Pedesaan

Program Studi Magister Sosiologi Pedesaan memperoleh Akreditasi A sesuai Ketetapan dan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN_PT) No. 3953/SK/BAN-PT/Akred/M/X/2017 sampai 18 April 2022.

I_S2_SKPM_SPD (2017-2022).pdf