Dr. Ir. Arya Hadi Dharmawan, MSc.Agr

https://orcid.org/0000-0001-7628-6103
adharma@apps.ipb.ac.id
+62 251 8627793
Jl. Kamper Wing 1 Level 5, Dramaga Bogor 16680

Dr. Ir. Arya Hadi Dharmawan, MSc.Agr

Associate Professor in Political Ecology

Arya Hadi Dharmawan adalah dosen dan peneliti senior di bidang ekologi politik di IPB. Sejak 2000, ia menekuni riset tentang sosiologi pada sistem pertanian di Indonesia (dengan spesialisasi Kalimantan). Penelitian dan publikasinya pada sepuluh tahun terakhir berfokus pada perhatian tentang dampak perubahan rural-ecological landscape di kawasan tropika terhadap struktur-sosial, sistem nafkah, agrarian change dan kerentanan & resiliensi rumahtangga pedesaan. Topik riset terpenting saat ini adalah: ekspansi perkebunan kelapa sawit dan proses deforestasi di Indonesia, bioenergi pedesaan, dan tata-kelola lingkungan hidup (environmental governance) di Indonesia. Arya Hadi Dharmawan terlibat aktif dalam kerjasama riset internasional dengan CIFOR, ETH-Zurich Swiss, Bonn University Jerman, University of Copenhagen Denmark, dan beberapa universitas/institusi di luar negeri lainnya.  Ia aktif dalam pertemuan-pertemuan ilmiah internasional dan tercatat pula sebagai peneliti di Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan – IPB.

Motto hidupnya: Hidup adalah belajar dan mengumpulkan pengalaman untuk menuju pada kearifan.

Biography

Political ecology adalah disiplin ilmu yang mempelajari interaksi manusia dan alam, dengan perhatian utama pada flow of resources, flow of information/knowledge, serta flow of energy, yang dipertukarkan antar pihak (aktor/kelompok) beragam kepentingan dimana dalam analisisnya akan memperhitungkan dimensi-dimensi: (1) siapa saja aktor yang berinteraksi; (2) apa ideologi dan interest masing-masing pihak yang berinteraksi; (3) pada ruang apakah interaksi terjadi; (4) interaksi dapat berlangsung ko-eksistensi, konfliktual, maupun kerjasama saling-menguntungkan. Secara epistemologis, teori-teori ekologi politik merentang dari mazhab positivistik, kritis-konfliktual, san konstruktivistik. Epistemologi kritis, adalah diantara tiga posisi carapandang dalam ekologi politik yang paling menonjol. Riset-riset ekologi politik di kawasan tropika, banyak mengkaji terjadinya benturan kepentingan para pihak terhadap sumberdaya alam (knowledge, hutan, air, tanah/agraria, tambang, biodiversity) dan lingkungan hidup (emisi karbon, pemanasan global, pencemaran sungai, polusi udara, radiasi, dan sebagainya). Namun, demikian, kajian ekologi politik juga akhirnya bermuara pada tata-kelola sumberdaya alam dan lingkungan hidup yang institusionalistik.    

Sejak mendapatkan gelar doctor dari Univerity of Goettingen Jerman, hingg saat ini, Dr. Arya Hadi Dharmawan terus mengabdikan dirinya selain sebagai dosen juga sebagai peneliti di bidang  ekologi politik di IPB University. Perhatian utamanya adalah pada kajian tentang ekspansi industri perkebunan modern ke tengah-tengah masyarakat pedesaan yang secara ekonomi dominan bercirikan kebiasaan tradisi, teknologi sederhana, dan orientasi produksi yang non-pasar. Penetrasi kapitalisme perkebunan secara ekspansif tidak saja telah mengubah ciri-fisik ekosistem dan landscape kawasan, melainkan juga mengubah struktur dan sistem sosial masyarakat setempat. Sistem nafkah pedesaan dan penguasaan sumberdaya alam, berubah sejak penetrasi kapital dan ekspansi modal berlangsung masif dan menghasilkan struktur yang seringkali timpang serta tidak setara. Konsep-konsep ilmu social tentang resiko, dominasi politik ekonomi ekologi, governmentality ala pemikiran Foucauldian, serta hegemoni ala tradisi pemikiran Gramscian menjadi arah penelitian ekologi politik yang selama ini banyak dianut. Secara khusus, Dr. Arya Hadi Dharmawan memberikan perhatian pada isu-isu ekspansi perkebunan kelapa sawit, bioenergi pedesaan, kerentanan dan kelentingan nafkah sebagai akibat perubahan ekosistem kawasan. Berbagai publikasi internasional dan nasional telah dihasilkan oleh Dr. Arya Hadi Dharmawan. Berbagai hasil penelitiannya, juga memperkuat materi bahan ajar dari matakuliah-matakuliah yang diasuhnya di IPB, diantaranya: (1) Matakuliah Tatakelola Lingkungan Hidup; (2) Dinamika Ekonomi Pedesaan; (3) Ekologi Manusia dan (4) Ekologi Pertanian dan Pedesaan. 

Dr. Arya Hadi Dharmawan juga telah meluluskan banyak sarjana (S1),  master (S2) serta doktor (S3) dari para mahasiswa-mahasiswi yang dibimbingnya sejak tahun 2000. Mereka utamanya dari Program Studi S1 Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, IPB, Program Studi S2/S3 Sosiologi Pedesaan IPB, Program Studi S2/S3 Pengelolaan Sumberdaya Aalam dan Lingkungan Hidup IPB, dan Program studi S2/S3 Pengembangan Wilayah Perdesaan, IPB. 

Education

Publications

Works with AZEXO page builder