PROGRAM SARJANA

Program sarjana Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (KPM) telah terakreditasi nasional dari BAN PT dengan peringkat A dan terakreditasi internasional dari AUN QA

Capaian Pembelajaran
Konsentrasi Keilmuan
Kurikulum
Kerja Lulusan
Lulusan program studi Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat diharapkan:
  1. Mampu mengaplikasikan teori-teori/konsep sosiologi, psikologi sosial, pengembangan masyarakat, komunikasi, penyuluhan, kependudukan, kajian agraria, antropologi, dan ekologi manusia agar dapat berperan sebagai akademisi/peneliti/praktisi/penyuluh dan pendamping dalam bidang (a) Komunikasi dan Penyuluhan Pembangunan, (b) Pengembangan Masyarakat atau (c) Tatakelola Sumber Daya Alam dan Lingkungan.
  2. Mampu merancang, melaksanakan dan memonitor serta mengevaluasi program-program komunikasi/penyuluhan, pengembangan masyarakat, penatakelolaan sumber daya alam dan lingkungan berbasis ekosistem digital pada berbagai aras dalam kapasitas sebagai akademisi/peneliti/praktisi/penyuluh dan pendamping dalam bidang (a) Komunikasi dan Penyuluhan Pembangunan, (b) Pengembangan Masyarakat atau (c) Tatakelola Sumber Daya Alam dan Lingkungan.
  3. Mampu mengambil keputusan dengan tepat berdasarkan analisis informasi dan data dengan berbagai pendekatan serta mampu memfasilitasi masyarakat dalam memilih berbagai alternatif metode dan teknik berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pendidikan, penelitian, penyuluhan, pendampingan, dalam bidang komunikasi dan penyuluhan pembangunan, pengembangan masyarakat, atau penatakelolaan sumber daya alam dan lingkungan.
  4. Memiliki sikap jujur, kritis, kepemimpinan, empati, resilient, sensitif gender, komunikatif, keberpihakan pada kelompok marjinal, kerjasama dan berjejaring, adil dan setara, kreatif - inovatif, etis, partisipatif, dan berwirausaha sosial yang bertanggung jawab atas proses dan hasil kerja mandiri terhadap kelompok, organisasi, dan komunitas di tempat bekerja, serta pemangku kepentingan lainnya.
Terdapat tiga konsentrasi keilmuan yang bisa dipilih mahasiswa, yakni:
  1. Komunikasi dan Penyuluhan Pembangunan
  2. Tatakelola Sumberdaya Alam
  3. Pengembangan Masyarakat
Struktur kurikulum PS KPM mengikuti struktur kurikulum yang diterapkan di IPB yakni menggunakan mayor - minor. Mata kuliah mayor merupakan mata kuliah yang memberikan kompetensi utama dan pendukung, sedangkan mata kuliah minor untuk memberikan kompetensi tambahan lainnya. Jenis matakuliah terbagi menjadi dua, yakni matakuliah wajib dan matakuliah pilihan. Matakuliah wajib terdiri dari (1) Diberikan di Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) sebanyak 26 sks; (2) Mayor Wajib sebanyak 87 sks; dan (3) Mata Kuliah Interdepartemen sebanyak 18 sks. Sedangkan matakuliah pilihan sebanyak 15 sks.
  • Rata-rata waktu tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan yang pertama = < 3 bulan bulan.  Persentase lulusan yang bekerja pada bidang yang sesuai dengan keahliannya =  50%
  • Kuesioner Tracer Study Alumni KPM disebar melalui facebook. Ada 17 orang alumni KPM angkatan 42 yang menanggapi dan mengisi kuesioner tersebut. Berdasarkan studi pelacakan tersebut, 82,35 persen lulusan mendapatkan pekerjaan dengan mencari secara aktif dan sisanya, 17,65 persen lulusan memperoleh pekerjaan karena mendapatkan tawaran bekerja.
  • Informasi mendapatkan pekerjaan diperoleh lulusan melalui suratkabar sebesar 52,94 persen, 35,29 persen melalui internet, sisanya 11,77 persen melalui kenalan, televisi, himpunan alumni dan job fair. Hampir semua lulusan (70,59%) memperoleh pekerjaannya yang sekarang melalui tes/seleksi, 17,65 persen melalui tawaran, sisanya 11,76 persen melalui rekomendasi tanpa tes dan ikatan dinas.
  • Masa tunggu lulusan hingga mendapatkan pekerjaan adalah < 3 bulan (58,82%), 3-6 bulan (35,29%) dan telah bekerja sebelum lulus (8,89%). Kesulitan yang dihadapi oleh lulusan dalam memperoleh pekerjaan pertamanya adalah bidang minat tidak sesuai (76,47%), gaji yang diterima tidak sesuai dengan harapan (21,29%) dan kemampuan bahasa asing (2,24%).
  • Dalam hal pindah pekerjaan sebesar 46,15 persen lulusan belum pernah pindah pekerjaan, 46,15 persen pernah sekali pindah pekerjaan dan 7,7 persen lulusan lainnya pernah pindah sebanyak dua kali. Hampir semua lulusan (70,59%) bekerja di lembaga swasta, sisanya 29,41 peresen lulusan bekerja di pemerintahan dan BUMN.
  • Berdasarkan hasil studi pelacakan tersebut, maka perbaikan yang perlu dilakukan adalah mengembangkan secara terus menerus kurikulum yang sudah ada agar senantiasa relevan dengan kondisi masyarakat, meningkatkan keterampilan hardskills yang menunjang keilmuan, seperti kemampuan berbahasa asing (Inggris), teknologi informasi, juga mengembangkan keterampilan softskills, seperti kemampuan berkomunikasi, kepemimpinan, dan pengembangan diri.

KONSENTRASI KEILMUAN PROGRAM SARJANA

Tahun ajaran 2018/2019 Departemen SKPM akan menerapkan kurikulum baru, dimana matakuliah minor diganti dengan matakuliah konsentrasi. Ditawarkan 3 (tiga) konsentrasi keilmuan yang bisa dipilih oleh mahasiswa untuk melengkapi kompetensi mayor.
KOMUNIKASI DAN PENYULUHAN PEMBANGUNAN

Terdapat 6 (enam) matakuliah yang ditawarkan kepada mahasiswa, yakni (1) Dinamika dan Komunikasi Kelompok; (2) Jurnalistik Pembangunan; (3) Media Siaran dan Komunikasi Digital;  (4) Komunikasi Bisnis dan Hubungan Masyarakat; (5) Komunikasi Perubahan Perilaku dan Perubahan Sosial; (6) Teknologi Komunikasi dan Penyuluhan

TATAKELOLA SUMBERDAYA ALAM

Terdapat 6 (enam) matakuliah yang ditawarkan kepada mahasiswa, yakni (1) Kajian Agraria; (2) Tata Kelola Sumberdaya Alam; (3) Pengelolaan Kolaboratif Sumberdaya Alam; (4) Rezim Global Tata Kelola Sumberdaya Alam; (5) Tata Kelola Hijau; (6) Reforma Agraria

PENGEMBANGAN MASYARAKAT

Terdapat 6 (enam) matakuliah yang ditawarkan kepada mahasiswa, yakni (1) Teori – Teori Sosiologi dalam Praktek Pengembangan Masyarakat; (2) Kapital dan Investasi Sosial; (3) Masyarakat dan Teknologi; (4) Kelembagaan Ekonomi Pedesaan; (5) Resiliensi Komunitas; dan (6) Politik Pertanian dan Pembangunan Pedesaan

Mendaftar Sebagai Calon Mahasiswa Program Sarjana SKPM

Raih prestasi bersama departemen SKPM

TIM PROGRAM SARJANA

Untuk layanan akademik dan non-akademik, terdapat Komisi Pendidikan dan Komisi Kemahasiswaan!

Ratri Virianita

Ketua Komisi Pendidikan

Mahmudi Siwi

Anggota Komisi Pendidikan

Dina Nurdinawati

Ketua Komisi Kemahasiswaan dan Disiplin

Asri Sulistiawati

Anggota Komisi Kemahasiswaan dan Disiplin

TIM SEKRETARIAT PROGRAM SARJANA

Untuk kepentingan administrasi akademik mahasiswa, tim sekretariat siap memberikan layanan terbaik!

R Khairunnisa

Manajemen Mutu dan IT

Angra Irena Bondar

Administrasi dan Informasi Perkuliahan

Dhiny

Administrasi Persuratan dan Tugas Akhir

Supriatna

Sarana & Prasarana Akademik

Cepi Suharyadi

Sistem Informasi Akademik

Atus Suhendra

Layanan Perkuliahan

Fadholy Akbar

Layanan Perkuliahan

Zaenudin

Layanan Perkuliahan

CONNECT WITH US | twitter | facebook | emailig