Segera setelah disahkannya Departemen Sains Komunikasi Pengembangan Masyarakat dan unsur pimpinan diangkat, departemen secara demokratis merumuskan visi, misi, tujuan dan sasaran departemen.  Konsep awal di bahas dalam rapat pimpinan departemen yang melibatkan seluruh unsur pimpinan dan seluruh kepala bagian di bawah departemen.  Selanjutnya untuk memberikan kesempatan dosen berpartisipasi aktif memberikan masukan, departemen menyelenggarakan lokakarya departemen yang juga bertujuan merancang program departemen, khususnya bertujuan untuk mengesahkan kurikulum yang berbasis mayor-minor.  Penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran selalu mengacu pada visi, misi dan tujuan IPB.  Setelah rumusan visi, misi, tujuan dan sasaran departemen disepakati, selanjutnya digunakan sebagai dasar merancang kurikulum.

Visi:

Menjadi departemen yang unggul dan bertaraf internasional dalam pengembangan IPTEKS (ilmu pengetahuan, teknologi dan seni) komunikasi pengembangan masyarakat dan menghasilkan SDM yang berkualitas tinggi serta  IPTEKS bagi pengembangan masyarakat pertanian tropika pada khususnya.

Misi:

  1. Menyelenggarakan  pendidikan tinggi berkualitas yang dinamis menurut perubahan jaman.
  2. Mengembangkan riset-riset yang mutakhir yang bermanfaat bagi stakholders.
  3. Mendorong dan mewujudkan pengabdian pada masyarakat melalui program pengembangan masyarakat.
  4. Melaksanakan misi pemberdayaan masyarakat secara sosial, ekonomi, dan politik secara partisipatif dengan dedikasi untuk kesejahteraan bangsa Indonesia.
  5. Membina kerjasama kemitraan dengan asas manfaat bersama dengan berbagai instansi baik swasta, pemerintah, dalam negeri, maupun luar negeri.
  6. Mewujudkan masyarakat yang berkedaulat, komunikatif, adaptif terhadap lingkungan dan berkeswadayaan tinggi serta menghormati berbagai perbedaan pandangan, suku, ras, agama, dan jender dalam membangun pertanian dan pedesaan.
  7. Mewujudkan paradigma pembangunan yang mensejahterakan stakeholders menuju masyarakat madani