Tujuan:

  1. Menghasilkan kelulusan yang memiliki kompetensi utama dalam merancang dan menerapkan metode komunikasi pengembangan masyarakat untuk pemberdayaan masyarakat, dan kompetensi pendukung dalam menerapkan ilmu komunikasi dan penyuluhan pembangunan, menerapkan ilmu kependudukan, agraria, dan ekologi pembangunan, dan mampu menerapkan ilmu sosiologi pedesaan dan pengembangan masyarakat sebagai ilmu sosial lintas batas dari sosiologi, antropologi, psikologi, kependudukan, dan ekologi manusia.
  2. Menghasilkan riset-riset komunikasi dan pengembangan masyarakat yang dapat diterapkan dan memberdayakan masyarakat secara sosial, ekonomi, dan politik.

Sasaran dan strategi pencapaian:

  1. Terselenggaranya pelaksanaan program pendidikan yang berbasis mayor dan minor, dengan kompetensi mayor komunikasi dan pengembangan masyarakat, dan minor dalam teknologi terapan  pertanian dalam arti luas.
  2. Terlaksananya penelitian berdasarkan payung penelitian berbasis pada mandat ilmu komunikasi dan penyuluhan pembangunan, ilmu kependudukan, agraria, dan ekologi pembangunan, dan ilmu sosiologi pedesaan dan pengembangan masyarakat sebagai ilmu sosial lintas batas dari sosiologi, antropologi, psikologi, kependudukan, dan ekologi manusia.
  3. Terselenggarakannya kerjasama secara profesional antara akademisi, bisnis, pemerintah, masyarakat berdasarkan keilmuan dan tanggungjawab moral
  4. Terlaksananya program pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan berbagai unsur stakeholders (akademisi, bisnis, pemerintah, dan masyarakat).