Sarana penunjang kegiatan akademik yang berada di Departemen KPM sudah cukup memadai baik dari segi kesesuaian maupun kecukupannya.  Khusus untuk kegiatan perkuliahan, meskipun penjadwalan dan pengelolaan sarana dan prasarana dilakukan secara terpusat, kenyataannya unit-unit di bawah (departemen dan fakultas) masih merasa “memiliki” ruang kuliah yang berada di lingkungannya, sehingga ada kecenderungan lebih memprioritaskan mahasiswa di bawah departemennya.

Stasiun radio siaran yang diberi nama AGRI-FM terletak di Node A Wing 1, 2, 4 dan 5 disertai pemancar yang letaknya tidak jauh dari tempat tersebut.    Radio siaran ini sangat bermanfaat karena dapat menjadi ajang atau media latihan bagi mahasiswa dan sekaligus juga sebagai sarana komunikasi, diseminasi informasi serta hiburan bagi komunitas pendengar yang menjadi peminatnya. Agri-FM juga memiliki peranan penting sebagai media komunikasi lintas budaya antar civitas akademika IPB yang kebanyakan berasal dari luar Bogor, juga pengembangan potensi dan profesionalisme sivitas akademika dalam penyelenggaraan siaran radio.

Selain itu saat ini sedang dirintis Studio Televisi Green TV yang bisa  menjadi sarana berlatih mahasiswa dalam pengenalan dunia broadcasting. Untuk pengembangan kegiatan keorganisasian departemen menyediakan fasilitas ruangan himpro Himasiera di ruangan ini para pengurus mengembangkan berbagai program kemahasiswaan.

Situs Departemen SKPM saat ini sedang dirancang sebagai bagian dari situs IPB dengan alamat situs http://skpm.fema.ipb.ac.id.  Pengembangan situs Departemen SKPM dilakukan untuk mengembangkan sistem pelayanan informasi yang lebih siap dalam memberikan informasi yang cepat dan mudah. Pengembangan sistem informasi ini dirasa sangat perlu dengan kecepatan perubahan dan ruang dan waktu yang terus bergerak dan dunia web merupakan jawaban yang dapat menjembatani informasi di dalam departemen, departemen dengan IPB, departemen dengan alumni dan departemen dengan masyarakat.

Milist departemen menjadi sarana komunikasi diantara dosen baik untuk kepentingan akademik, misal menyebarkan informasi berkenaan dengan POB, notulensi rapat, penyebaran e-book juga diskusi mengenai permasalahan akademik maupun untuk kepentingan mempererat hubungan sosial di antara dosen.

Perpustakaan pusat IPB memiliki koleksi audio visual, mikrofis, mikrofilm, kaset audio, serta beragam koleksi CD-ROM.   Perpustakaan pusat bahkan sudah menyediakan katalog online di http://www.iel.ipb.ac.id yang dapat diakses 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.  Selain karena kelengkapan koleksinya dan fasilitas penelusuran koleksi yang baik pelayanan perpustakaan sampai malam hari sehingga sangat mendukung kegiatan mahasiswa untuk menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan.

Selain itu tersedia ruang baca Departemen KPM (Dokumentasi Ilmu-Ilmu Sosial) yang terletak di Wing 1 Level 3. Perpustakaan ini banyak dikunjungi mahasiswa departemen SKPM karena koleksinya mencakup buku teks, tesis, disertasi, laporan, jurnal, dan buku-buku referensi untuk semua bidang ilmu yang terkait dengan kompetensi departemen

Kondisi perpustakaan sangat nyaman dan luas sehingga menyebabkan mahasiswa cukup betah bila berada di perpustakaan.  Apalagi ditambah dengan sistem pelayanan yang efisien dan modern.  Misalnya dalam penelusuran pustaka, saat ini jarang mahasiswa yang menggunakan katalog tercetak karena sangat memakan waktu.   Kemudahan penelusuran pustaka dimungkinkan karena semuanya sudah terkomputerisasi menggunakan perangkat lunak yang khusus dirancang untuk itu.

Fasilitas teknologi informasi untuk proses belajar dan mengajar sebagai berikut.

No.

Jenis Data

Sistem Pengelolaan Data

Secara Manual

Dengan Komputer Tanpa Jaringan

Dengan Komputer Jaringan Lokal (LAN)

Dengan Komputer Jaringan Luas (WAN)

v

 
1 Mahasiswa   v

2

Kartu Rencana Studi (KRS)

 

v

3

Jadwal mata kuliah

 

v

4

Nilai mata kuliah

 

v

5

Transkrip akademik

v

 

6

Lulusan

v

v

7

Dosen

v

 

8

Pegawai

v

 

9

Keuangan

v

 

10

Inventaris

 

v

11

Perpustakaan

Fasilitas ruang kerja dosen sebagai berikut.

Ruang Kerja Dosen

Jumlah Ruang

Jumlah Luas (m2)

Satu ruang untuk lebih dari 4 dosen

(a)

Satu ruang untuk 3 – 4 dosen

(b)

Satu ruang untuk 2 dosen

14

(c)  283,5

Satu ruang untuk 1 dosen (bukan pejabat struktural)

13

(d)  263,25

TOTAL

(t)  546,75

Prasarana belajar sebagai berikut.

No.

Jenis Prasarana

Jumlah Unit

Total Luas (m2)

1

Ruang kelas

6

324,24

2

Ruang Baca dan dokumentasi

1

40,5

3

Ruang Studio

2

52,5

4

Sekretariat

1

108,75

Prasaana Lain

Jenis Prasarana Penunjang

Jumlah Unit

Total Luas (m2)

(2)

(3)

(4)

Toilet

6

49,92

Ruang Himpunan Profesi Mahasiswa

1

12