Mengembangkan Masyarakat dan Membangun Bangsa melalui Aksi Komunikatif

Deskripsi Singkat
Di era kontemporer ini kita tidak hanya dihadapkan dengan tantangan ketersediaan, mutu, dan produktivitas tetapi juga masalah keberlanjutan produksi pertanian, kelembagaan, kemiskinan, serta masalah lingkungan hidup lokal dan global. Teknologi dan ekonomi tak cukup untuk menjadi jalan keluar atas semua tantangan dan masalah tersebut.
Berbekal akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional (BAN), Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM) merupakan satu-satunya departemen di lingkungan Institut Pertanian Bogor yang khusus diarahkan untuk menghasilkan sarjana, magister, dan doktor yang mampu mempraktekkan dan atau meneliti dan mengembangkan ilmu-ilmu sosial yang dibutuhkan untuk pembangunan pertanian, perdesaan, dan lingkungan hidup.
Visi
Menjadi departemen dengan program studi yang unggul dan bertaraf internasional di bidang komunikasi dan pengembangan masyarakat yang berkiprah di bidang pertanian, kelautan, dan biosains tropika.
Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi berkualitas yang dinamis menurut perubahan jaman;
2. Mengembangkan riset-riset yang mutakhir yang bermanfaat bagi pemangku kepentingan (akademisi, bisnis, pemerintah, dan masyarakat).
3. Mendorong dan mewujudkan pengabdian pada masyarakat melalui program pengembangan masyarakat.
4. Melaksanakan misi pemberdayaan masyarakat secara sosial, ekonomi, dan politik secara partisipatif dengan dedikasi untuk kesejahteraan bangsa Indonesia.
5. Membina kerjasama kemitraan dengan asas manfaat bersama dengan berbagai instansi baik swasta, pemerintah, dalam negeri, maupun luar negeri.
6. Mewujudkan masyarakat yang berdaulat, komunikatif, adaptif terhadap lingkungan dan berkeswadayaan tinggi serta menghormati berbagai perbedaan pandangan, suku, ras, agama, dan jender dalam membangun pertanian dan pedesaan.
Mewujudkan paradigma pembangunan yang mensejahterakan pemangku kepentingan menuju masyarakat madani.
Tujuan & Motto
1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi utama dalam merancang dan menerapkan metode komunikasi untuk pemberdayaan masyarakat, dan kompetensi pendukung dalam menerapkan ilmu komunikasi dan penyuluhan pembangunan, menerapkan ilmu kependudukan, agraria, dan ekologi pembangunan, dan menerapkan ilmu sosiologi pedesaan dan pengembangan masyarakat sebagai ilmu sosial lintas batas dari sosiologi, antropologi, psikologi, kependudukan, dan ekologi manusia sesuai dengan strata pendidikan dan program studinya (S1, S2, dan S3);
2. Menghasilkan riset-riset komunikasi dan pengembangan masyarakat yang dapat diterapkan dan mendorong pemberdayaan masyarakat secara sosial, ekonomi, dan politik; dan
3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang komunikasi dan pengembangan masyarakat yang dapat diterapkan dan mengembangkan masyarakat secara sosial, ekonomi, dan politik.
Motto
Mengembangkan Masyarakat Dan Membangun Bangsa Melalui Aksi Komunikatif
Sasaran Mutu
1. Rata-rata tulisan ilmiah dosen yang dimuat di jurnal terakreditasi (per dosen/asisten Bagian).
2. Rata-rata tulisan (ilmiah) dosen yang dipublikasikan dalam bentuk buku, prosiding, makalah, artikel di media massa.
3. Jumlah modul kuliah dan praktikum serta readings .
4. Jumlah dosen melanjutkan pendidikan S3 (jumlah minimal per tahun).
5. Dosen naik pangkat (jumlah minimal per tahun).
6. Penyempurnaan Substansi Matakuliah (%) untuk Strata S1 (diampu Divisi/Bagian, khusus untuk MK Lintas Bagian oleh Pimpinan Departemen).
7. Penyempurnaan Substansi Matakuliah (%) untuk Strata S2/S3 (SPD)-Diampu masing-masing Divisi/Bagian.
8. Jumlah mahasiswa asing pada masing-masing Strata (2016-Kuning, 2017-Hijau).
9. Jumlah penelitian LN dan keterlibatan mahasiswa dalam penelitian LN
10. Jumlah kerjasama dengan Instansi dalam dan luar negeri (program studi/departemen) dan dalam tiga tahun terakhir.
11. Kegiatan dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS dalam seminar ilmiah/lokakarya/penataran/workshop/ pagelaran/ pameran/peragaan yang tidak hanya melibatkan dosen PT sendiri.
12. Kegiatan tenaga ahli/pakar sebagai pembicara dalam seminar/pelatihan, pembicara tamu, dsb, dari luar PT sendiri.
13. Pencapaian prestasi/reputasi dosen (misalnya prestasi dalam pendidikan, penelitian dan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat).
14. Dana untuk kegiatan penelitian pada tiga tahun terakhir yang melibatkan dosen yang bidang keahliannya sesuai dengan program studi.
15. Dana yang diperoleh dari/untuk kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat pada tiga tahun terakhir.
16. Instansi dalam negeri yang menjalin kerjasama yang terkait dengan program studi/departemen dalam tiga tahun terakhir.
17. Instansi luar negeri yang menjalin kerjasama yang terkait dengan program studi/departemen dalam tiga tahun terakhir.
18. Data matakuliah yang menerapakan sistem ecl, e-learning, dan memasukan komponen tugas terhadap nilai akhir beserta tingkat kehadiran dosen.
19. Data dosen dengan nilai FTE, EPBM, jumlah dana yang dikelola beserta jumlah penelitan sesuai bidang.