Profil Arif Satria, Rektor IPB Periode 2017-2022

Arif Satria, Rektor IPB Periode 2017-2022

 Dr. Arif Satria, sosok kelahiran Pekalongan, 17 September 1971 ini terkenal sebagai sosok yang dekat dengan sesama dosen dan mahasiswanya. Tak ayal, banyak mahasiswa yang pernah mendapat kuliahnya ‘kepincut’ dan menjadikannya sebagai idola lantaran pribadinya yang penuh inspirasi dan motivasi.

Di usianya yang tergolong muda, lulusan Sarjana dan Pascasarjana IPB ini pada tahun 2010 terpilih sebagai Dekan Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB sekaligus menyandang Dekan termuda di IPB dan hari ini, Rabu (15/11), menjadi hari yang bersejarah bagi sosok berkacamata ini, pasalnya Majelis Wali Amanat (MWA) IPB menetapkan dirinya sebagai Rektor IPB Periode 2017-2022.

Sejak menjabat Dekan FEMA, Arif Satria menanamkan budaya korporat di institusinya itu melalui aplikasi praktik manajemen modern berbasis teknologi informasi. Alhasil, FEMA menjadi salah satu fakultas yang rajin menyumbang prestasi bergengsi.

Lulusan Marine Policy di Kagoshima University Jepang ini telah menghasilkan berbagai karya ilimiah diantarnya buku berjudul Pengantar Sosiologi Pesisir, Pesisir dan Laut Untuk Rakyat, Ekologi Politik Nelayan, Globalisasi Perikanan: Reposisi Indonesia, serta buku internasional berjudul Managing Coastal and Inland Waters yang diterbitkan Springer Belanda. Ia juga terlibat aktif dalam penyusunan berbagai kebijakan kelautan dan perikanan sejak tahun 2002. Penyusunan UU Perikanan No 31/2004, Revisi UU Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Penyusunan Konsep Ekonomi Biru, dan sejumlah Peraturan Pemerintah dan Peraturan Menteri.

Sosok yang aktif di berbagai organisasi kemahasiswaan saat mahasiswa ini mempunyai segudang penghargaan yang diraih. Pada tahun 2009, ia meraih penghargaan Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa Bidang Ilmu Pengetahuan dari Menteri Pendidikan Nasional.

Tahun 2008, Penghargaan Internasional: Yamamoto Award-2008. The First Winner of the JIFRS Yamamoto Prize for the Best Paper, pada International Institute of Fisheries Economics and Trade (IIFET) Conference, Juli 2008, di Nha Trang Vietnam. IIFET adalah organisasi profesi bidang sosial ekonomi perikanan yang sekretariatnya di Oregon State University, USA. Tahun 2013, Penghargaan Akademisi Peduli Penyuluhan dan SDM Perikanan, Kementrian Kelautan dan Perikanan. Urusan akademik, tak menjadi persoalan bagi Arif Satria. Di tahun 2017 ini, Arif Satria menjadi dosen yang meraih nilai EPBM tertinggi.

Kini dirinya mengemban amanah baru. Sebagai Rektor IPB, Arif Satria memiliki komitmen membawa IPB siap menghadapi era disrupsi yang penuh dengan turbulensi dan ketidakpastian. Menciptakan ekosistem IPB yang kondusif bagi tumbuhnya kreativitas dan inovasi untuk menggerakan ekonomi rakyat dan memperkuat industri nasional, sehingga IPB selalu menjadi trend setter keilmuan, inovasi, maupun penentu arah kebijakan strategis nasional. (ric/r)

*sumber alumniipb.org

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*