Program studi Sosiologi Pedesaan memiliki visi, misi, tujuan, dan sasaran yang sangat jelas, sangat realistik, saling terkait satu sama lain, dan mekanismenya penyusunannya melibatkan sivitas akademika, tenaga kependidikan, alumni dan masyarakat.

Program studi memiliki strategi pencapaian sasaran dengan rentang waktu dengan tahapan waktu yang jelas dan sangat realistik dan didukung oleh dokumen yang sangat lengkap.

Visi:

Tahun 2025 Program Mayor/Program Studi Sosiologi Pedesaan Sekolah Pascasarjana IPB menjadi pemimpin di kawasan Asia Tenggara dalam pengembangan teori-teori dan metodologi penelitian sosiologi pedesaan sebagai ilmu sosial terapan yang bersifat empiris, kontekstual, holistik, dan tanggap terhadap tuntutan perubahan sosial masyarakat pedesaan menuju peradaban yang berkeadilan dan berkelanjutan.

Misi:

Konsisten dengan muatan visinya, maka misi Program Mayor/Program Studi S3 SPD dirumuskan sebagai berikut:

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi modern berbasis penelitian empiris yang bermutu tinggi.
  • Mengembangkan, memproduksi, mengkritisi dan mempertajam serta memperkaya teori dan metodologi riset sosiologi pedesaan sebagai ilmu pengetahuan sosial terapan.
  • Menerapkan konsep-konsep dan teori-teori dari berbagai basis filsafati yang berbeda, serta pendekatan-pendekatan sosiologi demi menyongsong peradaban yang lebih berkeadilan dan berkelanjutan.