Program studi memiliki visi, misi, tujuan, dan sasaran yang sangat jelas, sangat realistik, saling terkait satu sama lain, dan mekanismenya penyusunannya melibatkan sivitas akademika, tenaga kependidikan, alumni dan masyarakat.

Program studi memiliki strategi pencapaian sasaran dengan rentang waktu dengan tahapan waktu yang jelas dan sangat realistik dan didukung oleh dokumen yang sangat lengkap.

Visi:

Menjadi program studi ilmu penyuluhan pembangunan berbasis riset terkemuka dalam pengembangan IPTEKS dan sumberdaya manusia, untuk mewujudkan kehidupan yang lebih berkualitas dan berkelanjutan.

Misi:

Misi program studi dirumuskan untuk meraih visi dan didasarkan kepada Tri Dharma Perguruan Tinggi. Misi tersebut meliputi:
A. Di bidang pendidikan:

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengembangan ilmu penyuluhan sebagai disiplin yang mempelajari upaya perubahan perilaku manusia melalui pendidikan non formal dan konvergensi komunikasi didukung oleh penerapan falsafah keilmuan yang eclectic. Pendekatan pendidikan yang diterapkan dalam PS-PPN berorientasi kepada kebutuhan mahasiswa dan masyarakat pengguna lulusan, dengan mempertimbangkan perubahan sosial yang semakin kompleks.
  • Mengembangkan paradigma, pendekatan, teori, dan konsep, serta upaya nyata transformasi perilaku manusia yang efektif untuk turut mewujudkan tata kehidupan manusia yang bermartabat, adil, dan sejahtera.

B. Di bidang penelitian:

  • Merancang dan melaksanakan penelitian bagi pengembangan ilmu pengetahuan sosial di bidang pembangunan manusia, menghasilkan teori, konsep, dan pemikiran baru dalam bidang pengembangan kualitas perilaku manusia.
  • Menghasilkan tenaga peneliti yang kompeten di bidang ilmu penyuluhan pembangunan untuk memenuhi kebutuhan sumberdaya manusia kreatif, mandiri, inovatif, dan memiliki wawasan dalam pengembangan pendidikan dan latihan, pengembangan program penyuluhan, dan pengembangan masyarakat.
  • Menyebarluaskan hasil-hasil penelitian ke forum nasional dan/atau internasional, serta meningkatkan keterlibatan staf pengajar dan mahasiswa dalam kegiatan ilmiah.

C. Di bidang pengabdian kepada masyarakat:

  • Melaksanakan upaya-upaya penyadaran individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat untuk mendorong perubahan perilaku melalui pendekatan pembelajaran yang relevan.
  • Memberikan masukan kepada pemangku kepentingan tentang kebijakan dan strategi penyuluhan yang sesuai dengan falsafah pendidikan untuk pemberdayaan pelaku utama dan pelaku usaha dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan bermartabat dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan.