Program studi memiliki visi, misi, tujuan, dan sasaran yang sangat jelas, sangat realistik, saling terkait satu sama lain, dan melibatkan civitas akademika, tenaga kependidikan, alumni dan masyarakat.

Program studi memiliki strategi pencapaian sasaran dengan rentang waktu dengan tahapan waktu yang jelas dan sangat realistik dan didukung oleh dokumen yang sangat lengkap.

Segera setelah disahkannya Departemen Sains Komunikasi Pengembangan Masyarakat (SKPM) dan unsur pimpinan diangkat, departemen melakukan pertemuan dengan pemangku kepentingan terkait merumuskan visi, misi, tujuan dan sasaran departemen. Pemangku kepentingan yang terlibat meliputi dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, dan pengguna lulusan. Beberapa rujukan dalam merumuskan visi dan misi tersebut adalah  visi dan misi IPB, Fakultas Ekologi Manusia, kebutuhan pengguna, tantangan yang dihadapi lulusan, dan potensi yang dimiliki sivitas akademika KPM. Konsep visi misi departemen disiapkan oleh Pimpinan Departemen, selanjutnya dibahas dalam rapat bagian, didiskusikan dalam lokakarya departemen, dan pertemuan dengan pemangku kepentingan. Visi, misi, tujuan dan sasaran departemen yang telah dirumuskan, selanjutnya merupakan dasar bagi seluruh Program Studi di Departemen SKPM dalam merancang kurikulum.

Visi:

  • Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi utama dalam merancang dan menerapkan metode komunikasi pengembangan masyarakat untuk pemberdayaan masyarakat, dan kompetensi pendukung dalam menerapkan ilmu komunikasi dan penyuluhan pembangunan, ilmu kependudukan, agraria, dan ekologi pembangunan, dan mampu menerapkan ilmu sosiologi pedesaan dan pengembangan masyarakat sebagai ilmu sosial lintas batas dari sosiologi, antropologi, psikologi, kependudukan, dan ekologi manusia.
  • Menghasilkan riset-riset komunikasi dan pengembangan masyarakat yang dapat diterapkan dan memberdayakan masyarakat secara sosial, ekonomi, dan politik.

Misi:

  • Menyelenggarakan  pendidikan tinggi berkualitas yang dinamis menurut perubahan zaman
  • Mengembangkan riset-riset yang mutakhir yang bermanfaat bagi pemangku kepentingan (akademisi, bisnis, pemerintah, dan masyarakat)
  • Mendorong dan mewujudkan pengabdian pada masyarakat melalui program pengembangan masyarakat
  • Melaksanakan misi pemberdayaan masyarakat secara sosial, ekonomi, dan politik secara partisipatif dengan dedikasi untuk kesejahteraan bangsa Indonesia
  • Membina kerjasama kemitraan dengan asas manfaat bersama dengan berbagai instansi baik swasta, pemerintah, dalam negeri, maupun luar negeri
  • Mewujudkan masyarakat yang berdaulat, komunikatif, adaptif terhadap lingkungan dan berkeswadayaan tinggi serta menghormati berbagai perbedaan pandangan, suku, ras, agama, dan gender dalam membangun pertanian dan pedesaan; dan
  • Mewujudkan paradigma pembangunan yang menyejahterakan pemangku kepentingan menuju masyarakat madani.