Paradigma dalam Gerakan Feminisme

Pada dasarnya banyak ragam dan jenisnya gerakan feminisme. Namun dalam kuliah Gender dan Pembangunan akan dibahas dua paradigma yang melatarbelakangi munculnya gerakan feminisme.

Paradigma fungsionalisme struktural

Aliran fungsionalisme struktural atau sering disebut fungsionalisme. Dalam pandangan paradigma ini masyarakat merupakan suatu sistem yang terdiri atas bagian dan saling terkait (agama, pendidikan, struktur politik hingga keluarga) dan masing-masing bagian secara terus menerus mencari keseimbangan dan harmoni. Maka adanya konflik bagi paradigma ini dilihat sebagai tidak berfungsinya integrasi sosial dan keseimbangan. Oleh karena itu, status quo harus dipertahankan. Jadi teori ini menolak adanya upaya untuk merubah status quo termasuk yang berkaitan dengan hubungan antara laki-laki dan perempuan dalam masyarakat. Pengaruh paradigma ini dalam gerakan feminisme liberal.

Paradigma konflik 

Berbeda dengan aliran fungsionalisme, paradigma konflik melihat bahwa konflik adalah jalan untuk merubah posisi dan hubungan, termasuk hubungan laki-laki dan perempuan. Dalam paradigma konflik melihat bahwa dalam kelompok masyarakat memiliki kepentingan (interest) dan kekuasaan (power) yang merupakan pusat dari setiap hubungan sosial termasuk hubungan laki-laki dan perempuan.

Oleh karena itu, dalam pandangan paradigma konflik gagasan dan nilai-nilai selalu dipergunakan sebagai senjata untum menguasai dan melegitimasi kekuasaan, tidak terkecuali hubungan antara laki-laki dan perempuan. Maka perubahan hubungan antara laki-laki dan perempuan hanya akan dilihat dari konflik antar dua kepentingan. Gerakan feminisme yang dilatarbelakangi paradigma konflik adalah feminisme radikal, feminisme marxis dan feminisme sosialis.

Lalu apa perbedaan gerakan atau isu yang diperjuangkan oleh gerakan feminisme tersebut? Akan kita bahas pada tulisan berikutnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*