Nur Azizah Rizki Astuti Lulusan Terbaik Departemen SKPM pada Wisuda Tahap II 2017/2018

Bogor, SKPM IPB. Nur Azizah Rizki Astuti, S.KPm terpilih sebagai lulusan terbaik tingkat departemen pada wisuda IPB tahap II tahun ajaran 2017/2018 yang dilaksanakan pada Rabu, 18 Oktober 2017. Azizah (nama panggilan) menyelesaikan studi sajana dengan predikat cumlaude dan IPK 3,80.

Azizah lulus dengan judul skripsi “Hubungan Motivasi dan Penggunaan Aplikasi “Petani” sebagai Media Penyuluhan dengan Tingkat Kepuasan Petani” dibawah bimbingan Ir. Hadiyanto, M.Si. Semoga prestasi yang diraih oleh Azizah sebagai lulusan terbaik departemen dapat memberikan kebanggaan bagi keluarga dan turut menginspirasi mahasiswa SKPM lainnya. Hasil penelitian Azizah secara singkat sebagai berikut:

Aplikasi Petani hadir sebagai alternatif penunjang kegiatan penyuluhan pertanian di Indonesia dan mendorong petani untuk aktif dan berkontribusi secara mandiri dalam perannya sebagai subyek pembangunan pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apa saja motivasi yang mendorong petani dalam menggunakan aplikasi Petani, bagaimana frekuensi dan intensitas penggunaan aplikasi Petani di kalangan petani pengguna, serta bagaimana hubungan motivasi dan penggunaan aplikasi Petani dengan tingkat kepuasan petani. Penelitian ini menggunakan metode survei kepada 30 petani responden di Kabupaten Sleman yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel acak sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi, penggunaan, dan tingkat kepuasan responden dalam menggunakan aplikasi Petani berhubungan satu sama lain. Motivasi penggunaan dengan frekuensi dan intensitas serta tingkat kepuasan pengguna memiliki hubungan yang positif dan signifikan, sedangkan frekuensi dan intensitas penggunaan dengan tingkat kepuasan pengguna memiliki hubungan tetapi tidak terlalu signifikan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*