HIMASIERA (Himpunan Mahasiswa Peminat Ilmu-Ilmu Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat) merupakan himpunan profesi yang ada di Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia. Penggagas pertama terbentuknya himpunan ini yaitu mahasiswa-mahasiswa SKPM angkatan 42. Oleh karena itu, sejak tanggal 17 Maret 2007, HIMASIERA resmi menjadi salah satu himpunan profesi di Institut Pertanian Bogor.

Tujuan awal dibentuknya HIMASIERA adalah menjadi lembaga keprofesian yang profesional, mandiri, dan kreatif serta berakhlak mulia. Berorientasi pada penerapan ilmu komunikasi dan pengembangan masyarakat guna memberdayakan mahasiswa pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Ruang lingkup HIMASIERA tidak terbatas pada mahasiswa departemen SKPM saja, namun terbuka luas bagi mahasiswa-mahasiswa lain diluar SKPM yang berminat pada ilmu-ilmu yang ada di departemen ini dan terjun langsung pada bidang yang diminati secara profesional.

Visi :

Mewujudkan Himasiera sebagai himpunan mahasiswa yang profesional dan kritis dalam merepon isu-isu sosial melalui aksi-aksi komunikatif dengan menjunjung tinggi azas kekeluargaan.

Misi :

  1. Membentuk atmosfer  yang kondusif didalam tubuh Himasiera.
  2. Meningkatkan mutu sumberdaya manusia didalam tubuh Himasiera.
  3. Meningkatkan partisipasi seluruh mahasiswa peminat ilmu komunikasi dan pengembangan masyarakat dan menjalin hubungan yang harmonis dengan pihak terkait secara berkesinambungan.
  4. Menerapkan ilmu komunikasi dan pengembangan masyarakat secara nyata dan kehidupan bermasyarakat.

Korespondensi HIMASIERA

Sekretariat HIMASIERA SKPM-IPB

Gedung Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat

Jl. Kamper Kampus IPB Darmaga – Bogor 16680

Hari Turun Lapang HIMASIERA

Kegiatan ini merupakan program berkelanjutan HIMASIERA yang sudah dilaksanakan selama dua tahun. Anggota dan pengurus HIMASIERA melakukan turun lapang ke Desa Pasir Honje dengan tujuan memberdayakan masyarakat tani Desa Pasir Honje dengan melibatkan seluruh anggota dan pengurus HIMASIERA, dan kegiatan ini akan mengintroduksikan teknologi pertanian tepat guna berdasarkan masyarakat tani Desa Pasir Honje. Output dari kegiatan ini adalah, pengurus dan anggota HIMASIERA dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu komunikasi dan pengembangan masyarakat yang telah didapatkan.

HIMASIERA Goes to Public

Kegiatan ini merupakan suatu rangkaian berupa kunjungan anggota dan pengurus HIMASIERA ke perusahaan-perusahaan tertentu yang terkait bidang divisinya masing-masing untuk mengaplikasikan keilmuan komunikasi secara nyata. Setelah melakukan kunjungan, diadakan expo selama tiga hari untuk menunjukkan kepada mahasiswa IPB lainnya mengenai pengetahuan atau keahlian yang didapatkan selama kunjungan. Output dari kegiatan ini adalah menambah pengetahuan seputar ilmu-ilmu komunikasi kepada pengurus dan anggota HIMASIERA serta memperkenalkan HIMASIERA sebagai sebuah institusi yang berkompetisi tidak hanya pada sektor pertanian tetapi juga pada bidang minat tertentu seperti bidang Public Relation, broadcasting, Advertising and Multimedia, jurnalistik, dan fotosinema.

HIMASIERA Got Talent

Kegiatan ini merupakan lomba minat dan bakat untuk pelajar SMA dan mahasiswa se-Jabodetabek dalam bidang presenting, pembuatan poster, pembuatan essay, fotografi, dan film dokumenter yang terdiri dari dua rangkaian untuk presenting, yaitu babak penyisihan dan babak final. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat pelajar serta mahasiswa, dan memperkenalkan HIMASIERA sebagai suatu institusi kepada sekolah-sekolah dan kampus-kampus lain.