Cara Membuat Halaman Bolak-Balik untuk Format Skripsi

[SKPM IPB] Format skripsi IPB mensyaratkan skripsi untuk di cetak bolak-balik. Nah, pada kasus ini mahasiswa sering mengalami kendala untuk menyusun halaman skripsinya. Sehingga ketika skripsi di cetak, halaman yang muncul menjadi tidak bolak-balik. Lalu, bagaimana caranya? Panduan ini saya buat dengan menggunakan MS Office versi 2013, namun caranya sama bisa digunakan untuk MS Office 2007 ke atas.

Tentukan pilihan kertas yang akan digunakan

Untuk menentukan pilihan kertas cukup mudah. Anda cukup pilih menu PAGE LAYOUT > SIZE > A4 (lihat gambar).

halaman 1

Atur margin kertas

Aturlah margin kertas sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh IPB. Jika menggunakan aturan IPB maka margin kiri 4 cm, atas 3 cm, kanan 3 cm dan bawah 3 cm. Untuk mengubahnya silahkan pilih menu PAGE LAYOUT > MARGINS > CUSTOM MARGIN (lihat gambar).

halaman2

Setelah memilih CUSTOM MARGIN maka akan muncul tampilan

halaman3

Pada bagian MULTIPLE PAGES silahkan pilih MIRROR MARGIN, lalu isi top 3 cm, bottom 3 cm, inside 4 cm dan outside 3 cm, lalu klik OK.

Buat halaman naskah

Untuk membuat halaman pilih menu INSERT > PAGE NUMBER > FORMAT PAGE NUMBER

halaman4

Lalu pilih menu TOP OF PAGE, kemudian pilih tipe yang PLAIN NUMBER 3 dimana posisi halaman akan muncul di sebelah kanan atas. Maka tampilan word kita akan menjadi:

halaman5

Untuk menghilangkan halaman pada awal halaman cukup klik centang pada pilihan DIFFERENT FIRST PAGE. Sedangkan untuk membuat halaman bolak balik maka centang pada pilihan DIFFERENT ODD & EVEN PAGES. Selanjutnya aturlah agar halaman ganjil berada rata kanan atas dan untuk halaman genap berada rata kiri atas.

Untuk mengatur pada halaman genap akan muncul dialog:

halaman6

Selanjutnya silahkan pilih TOP OF PAGE kemudian pilih PLAIN NUMBER 1.

Selamat mencoba, semoga sukses!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*