E: skpm@apps.ipb.ac.id | LINE: @skpm_ipb

Yang Perlu Kamu Tahu tentang “Panjat Sosial” dalam Seteru Dewi Perssik dan Rosa Meldianti

[SKPM IPB] Kali ini kami tidak akan membahas seteru antara Dewi Perssik dengan Rosa Meldianti. Jika anda tertarik untuk mengetahui lebih detail mengenai hal itu silahkan membaca link berikut:

Baca: Dewi Perssik Tantang Lagi Rosa Meldianti hingga Sebut Panjat Sosial

Kami ingin membahas mengenai apa itu “Panjat Sosial”? Konsep “Panjat Sosial” saat ini sering dipakai oleh generasi milenial untuk menunjukkan proses atau usaha untuk berada pada kelas sosial yang lebih tinggi.

Dari mana konsep “panjat sosial” itu muncul?

Dalam kajian ilmu sosial, bahasan mengenai “panjat sosial” sering kita jumpai pada bahasan ilmu sosiologi. Dalam matakuliah sosiologi umum, panjat sosial dibahas pada topik stratifikasi sosial. Apa itu stratifikasi sosial? Secara sederhana, stratifikasi sosial merupakan pengelompokan/penggolongan orang/masyarakat dalam kelas-kelas secara hirarkhis/tingkatan. Maka kita mengenal, kelas atas, kelas menengah dan kelas bawah.

Mobilitas sosial, awal mula panjat sosial dikenalkan

Salah bahasan dalam topik stratifikasi sosial adalah mobilitas sosial. Apa itu mobilitas sosial? Mobilitas sosial atau gerak sosial oleh Soekanto (1990) didefinisikan sebagai suatu gerak dalam struktur sosial. Lebih lanjut, Sorokin (1959) menjelaskan bahwa gerak sosial terbagi menjadi gerak sosial horizontal (gerak sosial yang terjadi pada lapisan yang sama) dan gerak sosial vertikal (gerak sosial yang terjadi pada beda lapisan).

Panjat sosial merupakan bentuk gerak sosial vertikal atau yang biasa disebut sebagai social climbing. Artinya gerak sosial yang terjadi pada individu untuk pindah ke kelas yang lebih atas. Misalnya dari kelas bawah menjadi kelas menengah atau dari kelas menengah ke kelas atas. Intinya, panjat sosial merupakan gerak sosial vertikal naik.

Selain panjat sosial (social climbing) ada juga social shinking. Anak-anak milenial sering menyebutnya kepleset sosial.  Artinya, gerak sosial vertikal turun. Tadinya dari kelas sosial atas menjadi kelas sosial menengah atau bawah.

Kesimpulan

Panjat sosial dalam kajian sosiologi dibahas pada topik stratifikasi sosial. Panjat sosial menggambarkan individu yang melakukan gerak sosial naik untuk berada pada kelas sosial yang lebih tinggi.

Penulis: MSI | Editor: MSI

About the author

Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat adalah departemen di Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor yang terakreditasi A oleh BAN PT.

Leave a Reply