2 Hal Yang Bisa Kamu Dapat Saat Ikut Turun Lapang SKPM

Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM) salah satu strategi pembelajarannya adalah dengan mengajak mahasiswa untuk tinggal bersama masyarakat, terutama pedesaan. Kegiatan ini biasa di sebut dengan turun lapang atau praktek lapang atau mahasiswa sering menyebutnya sebagai turlap. Lalu, apa yang didapatkan oleh mahasiswa ketika turun lapang? Paling tidak ada 2 hal yang di dapat mahasiswa saat turun lapang.

(1) Turun lapang mengajarkan pemahaman teori dengan melihat realitas sosial di masyarakat

Saya sangat bahagia ketika dihadapkan pada situasi ada praktek lapang. Ya, pertama memang menguras biaya, tapi itu tak sebanding dengan beribu ilmu yang saya dapatkan ketika di lapang dan itu memberikan cara kepada saya untuk pendekatan ke warga, mengobrol, mengasah kemampuan analitis, cara mengulik informasi dengan wawancara mendalam yang bisa saya aplikasikan seutuhnya. Metode belajar bukan hanya menerima teori dan pengalaman dari sang pemateri, namun praktek langsung merupakan cara terbaik untuk bisa mengerti, terlebih cara prakteknya dihadapkan pada situasi untuk bisa mengerti materi yg tersampaikan pada saat melakukan turun lapang.

(2) Turun lapang meningkatkan kepercayaan diri dalam berinteraksi dengan masyarakat

Kedua, saya berada di jurusan yang erat dengan kehidupan sosial yang sasarannya adalah masyarakat. Dalam mengembangkan masyarakat, perlu transfer pengetahuan melalui interaksi. Untuk melakukan hal tersebut perlu pendekatan. Dan untuk melakukan pendekatan yang terbaik perlu berulang-ulang agar saat berhadapan dengan masyarakat tidak canggung apalagi saat melakukan teknik partisipatif salah satunya FGD.

Maka, beruntunglah bagi orang yang sering ke lapang karena menjadikan kita sebagai mahasiswa yang siap mental dan berpengalaman dalam terjun ke masyarakat. Dan bersenang lah ketika harus turun lapang, karena panggilan untuk mengupgrade diri kembali datang.

Keterangan: tulisan ini dikutip dari status Line mahasiswa SKPM (Anugerah Muhammad Zulfikar/SKPM 50)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*