E: skpm@apps.ipb.ac.id | LINE: @skpm_ipb

Peluang Kerja Lulusan

Rata-rata waktu tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan yang pertama = < 3 bulan bulan.  Persentase lulusan yang bekerja pada bidang yang sesuai dengan keahliannya =  50%

Kuesioner Tracer Study Alumni KPM disebar melalui facebook. Ada 17 orang alumni KPM angkatan 42 yang menanggapi dan mengisi kuesioner tersebut. Berdasarkan studi pelacakan tersebut, 82,35 persen lulusan mendapatkan pekerjaan dengan mencari secara aktif dan sisanya, 17,65 persen lulusan memperoleh pekerjaan karena mendapatkan tawaran bekerja. Informasi mendapatkan pekerjaan diperoleh lulusan melalui suratkabar sebesar 52,94 persen, 35,29 persen melalui internet, sisanya 11,77 persen melalui kenalan, televisi, himpunan alumni dan job fair. Hampir semua lulusan (70,59%) memperoleh pekerjaannya yang sekarang melalui tes/seleksi, 17,65 persen melalui tawaran, sisanya 11,76 persen melalui rekomendasi tanpa tes dan ikatan dinas. Masa tunggu lulusan hingga mendapatkan pekerjaan adalah < 3 bulan (58,82%), 3-6 bulan (35,29%) dan telah bekerja sebelum lulus (8,89%). Kesulitan yang dihadapi oleh lulusan dalam memperoleh pekerjaan pertamanya adalah bidang minat tidak sesuai (76,47%), gaji yang diterima tidak sesuai dengan harapan (21,29%) dan kemampuan bahasa asing (2,24%). Dalam hal pindah pekerjaan sebesar 46,15 persen lulusan belum pernah pindah pekerjaan, 46,15 persen pernah sekali pindah pekerjaan dan 7,7 persen lulusan lainnya pernah pindah sebanyak dua kali. Hampir semua lulusan (70,59%) bekerja di lembaga swasta, sisanya 29,41 peresen lulusan bekerja di pemerintahan dan BUMN. Hampir semua lulusan yang bekerja (43,75%) menyatakan bahwa ilmu yang diperoleh selama kuliah kurang berguna dalam tugas dan pekerjaannya yang sekarang, namun 50 persen lulusan menyatakan bahwa keterampilan yang diperoleh selama kuliah berguna dalam tugas dan pekerjaannya yang sekarang. Dalam hal kepuasan kerja, 50 persen lulusan yang telah bekerja menyatakan puas terhadap pekerjaannya yang sekarang.

Berdasarkan hasil studi pelacakan tersebut, maka perbaikan yang perlu dilakukan adalah mengembangkan secara terus menerus kurikulum yang sudah ada agar senantiasa relevan dengan kondisi masyarakat, meningkatkan keterampilan hardskills yang menunjang keilmuan, seperti kemampuan berbahasa asing (Inggris), teknologi informasi, juga mengembangkan keterampilan softskills, seperti kemampuan berkomunikasi, kepemimpinan, dan pengembangan diri.

2 Responses
  1. Selamat malam Institut Pertanian Bogor,dalam kesempatan ini saya akan memberikan komen dari judul Peluang Kerja Lulusan IPB,sebagai Institusi yang mewadahi bidang-bidang keilmuan Pertanian maka IPB begitu kental diketahui oleh masyarakat Indonesia sebagai pencetak Ahli-ahli Pertanian,dari jaman dahulu baik Pemerintah maupun Masyarakat pengguna mempercayakan kepada lulusan dari Institut Pertanian Bogor untuk memajukan pertanian-pertanian di indonesia,itu sudah dilakukan oleh IPB,seperti diketemukannya berbagai penemuan bidang-bidang pertanian jenis padi varietas unggul misalnya,selanjutnya Pemerintah mengakui keunggulan kompetensi dan kompetisi dalam meraih bidang pekerjaan,bahkan akhir-akhir ini Presiden Ri bapak Ir.Djoko Widodo mengatakan bahwa iPB adalah kampusnya orang-orang Bank,atau Kampusnya Perbankan di indonesia,tentu saja melalui akurasi data-data yang ada,bahkan Bapak Ir.Djoko Widodo pula memberikan angin segar terhadap kemajuan IPB dimasa yang akan dengan dengan mengidekan masa depan IPB terhadap Era Digital,dengan respon yang baik itu pula IPB membuka Prodi baru seperti Prodi Aktuaria,dan Bisnis Digital,dengan demikian IPB dapat menyesuaikan era global,semoga IPB menjadi Kampus terdepan menghadapi Era Global dan Era Digital.
    Terimakasih
    &
    Wassalam
    Suganda Nata Atmaja,S.Sos.

  2. Selamat malam Institut Pertanian Bogor,dalam kesempatan ini saya akan memberikan komen dari judul Peluang Kerja Lulusan IPB,sebagai Institusi yang mewadahi bidang-bidang keilmuan Pertanian maka IPB begitu kental diketahui oleh masyarakat Indonesia sebagai pencetak Ahli-ahli Pertanian,dari jaman dahulu baik Pemerintah maupun Masyarakat pengguna mempercayakan kepada lulusan dari Institut Pertanian Bogor untuk memajukan pertanian-pertanian di indonesia,itu sudah dilakukan oleh IPB,seperti diketemukannya berbagai penemuan bidang-bidang pertanian jenis padi varietas unggul misalnya,selanjutnya Pemerintah mengakui keunggulan kompetensi dan kompetisi dalam meraih bidang pekerjaan,bahkan akhir-akhir ini Presiden Ri bapak Ir. Joko Widodo mengatakan bahwa iPB adalah kampusnya orang-orang Bank,atau Kampusnya Perbankan di indonesia,tentu saja melalui akurasi data-data yang ada,bahkan Bapak Ir. Joko Widodo pula memberikan angin segar terhadap kemajuan IPB dimasa yang akan datang dengan mengidekan masa depan IPB terhadap Era Digital,dengan respon yang baik itu pula IPB membuka Prodi baru seperti Prodi Aktuaria,dan Bisnis Digital,dengan demikian IPB dapat menyesuaikan era global,semoga IPB menjadi Kampus terdepan menghadapi Era Global dan Era Digital.
    Terimakasih
    &
    Wassalam
    Suganda Nata Atmaja,S.Sos.

Leave a Reply

*