E: skpm@apps.ipb.ac.id | LINE: @skpm_ipb

Sambutan Ketua Departemen

Para Calon Mahasiswa, Para Mahasiswa, Orang Tua Mahasiswa, Bapak/Ibu/Saudara peminat Ilmu-Ilmu Sosial terutama terkait dengan isu pertanian di kawasan Tropika.

Assalamu’alaikum Wr Wb dan salam sejahtera untuk kita semua.

Melalui kolom ini, kiranya ijinkan saya selaku Ketua Departemen mewakili Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat Institut Pertanian Bogor (SKPM IPB) menyambut dengan hangat kehadiran bapak/ibu dan anda semua di situs kami. Selamat datang di situs resmi departemen kami di dunia cyber. Salam hangat dari kami.

Situs ini menyediakan informasi ringkas dan singkat tentang apa dan siapa serta bagaimana kami menjalankan tiga misi kami di bidang pendidikan tinggi, penelitian, dan pengembangan masyarakat di IPB. Departemen SKPM IPB adalah satu-satunya departemen di IPB yang mengemban mandat pengembangan ilmu-ilmu sosial paling lengkap terutama di bidang ilmu-ilmu komunikasi dan penyuluhan, ilmu-ilmu sosiologi dan pengembangan masyarakat serta ilmu-ilmu kependudukan, ekologi manusia, agraria dan ekologi politik. Di Departemen SKPM IPB, kami mendidik mahasiswa baik untuk strata satu (sarjana), strata dua (magister), maupun strata tiga (doktoral). Informasi lengkap tentang jenjang pendidikan yang diasuh oleh Departemen SKPM IPB tersedia dalam website ini.

Tradisi kualitas yang dibangun oleh Departemen SKPM meneguhkan komitmen dan pengakuan dunia pendidikan bahwa semua program studi yang diasuh, terakreditasi A (sangat baik) oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) serta lembaga akreditasi internasional AUN QA. Jaminan mutu pendidikan berkualitas ini, memastikan bahwa setiap lulusan Departemen SKPM IPB dari apapun jenjang pendidikannya akan menghasilkan SDM yang kompeten, dapat diandalkan, dan mampu menjawab tantangan apapun di lapangan.

Departemen SKPM IPB memiliki kerjasama antar universitas untuk ilmu-serumpun dengan institusi pendidikan tinggi di dalam negeri maupun di luar negeri. Kerjasama pendidikan tinggi dijalin baik di tingkat regional Asia maupun inter-regional dengan berbagai universitas di zona Eropa, zona Australia, maupun zona Amerika. Era milenial meniscayakan jejaring kerjasama internasional sebagai prasyarat kualitas pendidikan. Dengan kerjasama pendidikan tinggi dan riset antar-negara, akan lebih meneguhkan lulusan Departemen SKPM IPB yang tidak saja kompeten namun juga berwawasan luas.

Departemen SKPM IPB hadir dan turut membangun negeri Indonesia tercinta dalam semangat Bhinneka Tunggal Ika, meneguhkan nilai-nilai Pancasila, taat pada Undang-Undang Dasar 1945 dan setia pada NKRI. Departemen SKPM IPB memastikan dirinya menjadi salah satu pilar pendidikan ilmu-ilmu sosial di negeri Indonesia yang kita cintai. Selamat datang dan selamat bergabung dengan institusi pendidikan tinggi berkualitas di negeri ini.

Salam hangat
Arya Hadi Dharmawan
Ketua Departemen SKPM IPB