Mengenal Kami Lebih Dekat

Tentang SKPM

Sejarah SKPM

Suatu pemahaman baru terhadap masyarakat pedesaan sedang dibutuhkan, seiring dengan perubahan di pedesaan dan perkotaan, baik di dalam Indonesia maupun dalam ranah global. Menyadari terdapat masih adanya ketimpangan, maka realitas sosial tersebut perlu didalami secara kritis. Yaitu memahami struktur kesenjangan, diikuti upaya menuju keadilan melalui pengembangan masyarakat. Jaringan hubungan semua pihak akan dijalin melalui hubungan setara dengan aksi komunikatif. 

Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Institut Pertanian Bogor Nomor: 001/K13/PP/2005 Tanggal 10 Januari 2005, IPB memberikan mandat untuk menyelenggarakan pendidikan multustrata dibawah Departemen Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (KPM) Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB.

BACA SELENGKAPNYA »

Sambutan Ketua Departemen

Dr. Ir. Arya Hadi Dharmawan, MSc.Agr

Tradisi kualitas yang dibangun oleh Departemen SKPM meneguhkan komitmen dan pengakuan dunia pendidikan bahwa semua program studi yang diasuh, terakreditasi A (sangat baik) oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) serta lembaga akreditasi internasional AUN QA. Jaminan mutu pendidikan berkualitas ini, memastikan bahwa setiap lulusan Departemen SKPM IPB dari apapun jenjang pendidikannya akan menghasilkan SDM yang kompeten, dapat diandalkan, dan mampu menjawab tantangan apapun di lapangan.

Baca Selengkapnya »

Visi Kami

Menjadi departemen yang unggul dan bertaraf internasional dalam pengembangan IPTEKS (ilmu pengetahuan, teknologi dan seni) komunikasi pengembangan masyarakat dan menghasilkan SDM yang berkualitas tinggi serta  IPTEKS bagi pengembangan masyarakat pertanian tropika pada khususnya.

SELENGKAPNYA »

Mandat Kami

Pengembangan ilmu sosiologi, antropologi, politik, komunikasi, ekologi manusia, pendidikan, penyuluhan dan pengembangan masyarakat untuk mendorong pemberdayaan masyarakat (pertanian, peternakaan, kehutanan serta perikanan dan pesisir)

SELENGKAPNYA »

Tujuan Kami

Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi utama dalam merancang dan menerapkan metode komunikasi pengembangan masyarakat untuk pemberdayaan masyarakat, serta riset-riset komunikasi dan pengembangan masyarakat yang dapat diterapkan dan memberdayakan masyarakat secara sosial, ekonomi, dan politik.

SELENGKAPNYA »

Departemen SKPM

Departemen KPM IPB dibentuk untuk pengembangan keilmuan yang mampu ”mengintegrasikan” sejumlah orang dari kelompok Ilmu-Ilmu Sosial dengan latar belakang cabang ilmu yang berbeda dan dengan ”membawa” beberapa aktivitas pendidikan, penelitian, dan pemberdayaan masyarakat dari departemen yang sebelumnya ada. Oleh karena itu departemen ini dibentuk berdasarkan keragaman personal dan aktivitas yang berbeda sehingga pada tahap awal pembentukan departemen ini secara filosofis ”ditopang” oleh mazhab keilmuan yang beragam. Dalam departemen ini dibangun suatu proses komunikasi antar orang, keilmuan, dan antar-mazhab (paradigma) keilmuan untuk membentuk dan membangun suatu departemen dengan landasan filosofis yang tegas dan berwatak.

Program Studi

Departemen SKPM IPB menghasilkan lulusan dari program Sarjana (S1), Magister (S2) dan Doktor (S3).  Terdapat delapan program studi yang terdiri 1 (satu) program Sarjana, 4 (empat) program Magister, dan 3 (tiga) program Doktor. Kami pastikan Anda akan mendapatkan pembelajaran di institusi terbaik, karena program studi kami semuanya telah terakrediasi A dari BAN PT.

Dosen Pengajar

Belajar di Departemen SKPM IPB akan bertemu dengan Dosen pengajar yang berkualitas dan mumpuni dibidangnya. Dosen-dosen yang terlibat mengajar di Departemen SKPM berasal dari lulusan perguruan tinggi terbaik dan terkemuka, baik dari dalam dan luar negeri. 

Aktivitas Mahasiswa

Aktivitas mahasiswa tidak hanya kegiatan akademik, tetapi juga kegiatan non akademik yang dirancang untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa. Kegiatan dikelola oleh Himpunan Profesi Peminat Ilmu-Ilmu Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat.