E: skpm@apps.ipb.ac.id | LINE: @skpm_ipb

POB Persuratan

  1. Surat Izin Akademik
    • Apabila izin akademik karena sakit: membawa surat dokter (asli) ke sekretariat KPM untuk di proses pembuatan surat izin akademik
    • Apabila izin akademik karena kegiatan diluar kegiatan akademik:
      1. Meminta izin kepada Komisi Kemahasiswaan dengan membawa surat undangan atau pengumuman dari penyelenggara kegiatan.
      2. Membuat surat permohonan izin yang ditujukan kepada Ketua Departemen SKPM yang ditandatangani oleh mahasiswa dan diketahui oleh Komisi kemahasiswaan, dengan melampirkan jadwal perkuliahan yang tidak diikuti dan lampiran surat undangan atau pengumuman dari penyelenggara kegiatan
  • Surat permohonan izin dari Komisi Kemahasiswaan tersebut di bawa ke ke sekretariat KPM untuk di pro.ses pembuatan surat izin akademik

Apabila izin akademik berhubungan dengan keluarga, maka membawa surat keterangan dari orangtua yang ditandatangani di atas materai, atau melampirkan surat kematian jika orangtua maupun saudara kandung meninggal dunia. Surat keterangan tersebut di serahkan ke sekretariat KPM untuk di proses pembuatan surat izin akademik.    

Surat izin ujian susulan:

  1. membawa fotocopy jadwal ujian yang bentrok, jika terjadi bentrok jadwal ujian
  2. membawa surat sakit jika sakit sehingga tidak dapat ujian
  • membawa surat yang telah ditandatangani oleh Komisi Kemahasiswaan jika ada kegiatan diluar kegiatan akademik

 

  1. Surat Kehilangan
  • Untuk mengurus surat kehilangan, seperti Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), Kartu Studi Mahasiswa (KSM) dan Slip Pembayaran SPP dapat langsung datang ke sekretariat untuk di proses pembuatan surat.

 

  1. Rekomendasi Beasiswa
    • Membawa CV mahasiswa dan Transkrip Nilai yang terakhir untuk dibuatkan surat rekomendasi yang akan di tandatangani oleh Dosen Pembimbing Akademik (PA), yang kemudian diketahui oleh Ketua Departemen atau Sekretaris Departemen.
    • Untuk surat pernyataan belum menerima beasiswa, Form Surat dapat diambil di Sekretariat dengan membawa materai Rp 6000,-.

 

  1. Surat Penelitian
    • Surat Penjajagan: di buat untuk mahasiswa tingkat akhir sebelum melaksanakan seminar kolokium. Form dapat di isi di sekretariat untuk di proses, kemudian sekretariat akan membuatkan surat pengantar penjajagan ke FEMA, untuk kemudian dibuatkan surat sesuai dengan permintaan surat.
    • Surat Penelitian: di buat untuk mahasiswa tingkat akhir yang telah diterima di lokasi penelitian dan telah melaksanakan seminar kolokium. Form dapat di isi di sekretariat untuk di proses, kemudian sekretariat akan membuatkan surat pengantar penjajagan ke FEMA, untuk kemudian dibuatkan surat sesuai dengan permintaan surat.
    • Surat Uji Validitas: di buat untuk mahasiswa tingkat akhir yang ingin menguji kehandalan suatu data di lokasi yang berbeda dari lokasi penelitian dan telah melaksanakan seminar kolokium. Form dapat di isi di sekretariat untuk di proses, kemudian sekretariat akan membuatkan surat pengantar penjajagan ke FEMA, untuk kemudian dibuatkan surat sesuai dengan permintaan surat.
    • Surat Magang: di buat untuk mahasiswa berbagai tingkatan yang ingin menambah wawasan dan pengaplikasian ilmu komunikasi dan pengembangan masyarakat. Form dapat di isi di sekretariat untuk di proses.
    • Surat Turun Lapang Matakuliah: di buat untuk mahasiswa berbagai tingkatan yang mengambil matakuliah dengan praktikum dilapang.  Surat tersebut digunakan untuk izin mengambil data yang diperlukan untuk kepentingan matakuliah. Form dapat di isi di sekretariat untuk di proses.