Rizka Amalia, S.KPm., M.Si

amalrizka@apps.ipb.ac.id
+62 251 8627793
Jl. Kamper Wing 1 Level 3, Dramaga Bogor 16680

Rizka Amalia, S.KPm., M.Si

Lecturer in Human Ecology

Rizka Amalia merupakan asisten Divisi Kependudukan, Agraria dan Ekologi Politik (KAREP), Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor yang menekuni bidang kajian  ekologi manusia, tata kelola sumber daya alam  dan resiliensi nafkah rumahtangga.

Motto hidupnya adalah “khoirunnas anfauhum linnas” yang artinya sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya.

Biography

Rizka lahir di Tuban, Jawa Timur pada tahun 1991. Sebelum melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, ia menempuh pendidikan formal dan pesantren secara bersamaan. Baginya belajar, mengajar, dan meneliti adalah cara untuk menjadikan dirinya sebagai manusia yang bisa bermanfaat bagi agama, bangsa dan negaranya.

Sejak tahun 2013, Rizka telah menjadi staff di Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor dimana karirnya diawali menjadi asisten dosen di Matakuliah Sosiologi Umum, hingga pada akhirnya Rizka dipercaya sebagai koordinator praktikum Matakuliah Ekologi Manusia sejak 2014 hingga sekarang. 

Rizka juga aktif sebagai peneliti di Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan (PSP3). Ia pernah terlibat dalam beberapa penelitian tentang resiliensi rumahtangga petani yang didanai oleh Ristekdikti pada tahun 2013-2015, Indonesia. Selain itu, ia terlibat dalam penelitian tentang bioenergi berbasis kelapa sawit yang berkolaborasi antara University of Bonn, Germany, CIFOR, and PSP3 IPB, Indonesia pada tahun 2015-2018 yang didanai oleh BMZ Federal Republic of Germany. 

Saat ini, Rizka sedang menempuh studi doktornya di Program Studi Sosiologi Pedesaan, Institut Pertanian Bogor dengan menggunakan beasiswa Oil Palm Adaptive Landscape (OPAL) project  yang didanai oleh  Swiss National Science Foundation dimana selama satu semester ia dikirim ke ETH Zurich, Swiss untuk mengikuti mata kuliah Foundations of Ecosystem Management. Setelah kembali ke Indonesia, ia membangun Companion Modelling Indonesian Sustainable Palm Oil (ComMod ISPO) bersama tim peneliti OPAL project untuk mengurai permasalahan tata kelola kelapa sawit di Indonesia. 

 

Education

  • M.Si, Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Institut Pertanian Bogor, 2016
  • S.KPm, Sains Komunikasi dan Peengembangan Masyarakat, Institut Pertanian Bogor, 2013

Publications

Skills

Research and community development100%
Lecture Skill100%