E: skpm@apps.ipb.ac.id | LINE: @skpm_ipb

Kurikulum

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.

Kurikulum seharusnya memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung  tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.

Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

Capaian Pembelajaran :
  1. Mampu mengaplikasikan teori-teori/konsep sosiologi, psikologi sosial, pengembangan masyarakat, komunikasi, penyuluhan, kependudukan, kajian agraria, antropologi, ekologi manusia, dan ekologi politik agar dapat berperan sebagai penyuluh, komunikator pembangunan,  pekerja pengembangan masyarakat dan pekerja tanggung jawab sosial perusahaan
  2. Mampu merancang, melaksanakan dan memonitor serta mengevaluasi program pengembangan masyarakat, program komunikasi/penyuluhan pada berbagai aras (komunitas, kelompok dan organisasi) dalam kapasitas sebagai fasilitator (penyuluh/komunikator pembangunan, pekerja pengembangan masyarakat atau pekerja tanggung jawab sosial perusahaan)
  3. Mampu mengambil keputusan dengan tepat berdasarkan analisis informasi dan data dengan berbagai pendekatan serta mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif metode dan teknik untuk pengembangan masyarakat, program komunikasi dan program penyuluhan
  4. Bertanggungjawab atas proses dan hasil kerja mandiri dan memiliki sikap jujur, kritis, memimpin, empati, berpihak pada kelompok marjinal, inovatif dan kerjasama serta bertanggungjawab terhadap komunitas, kelompok atau organisasi tempat bekerja, serta pemangku kepentingan lainnya.

 

Minor : Komunikasi
Capaian Pembelajaran   Memiliki kemampuan merancang dan menerapkan metode komunikasi untuk mendorong pemberdayaan masyarakat
Minor : Ekologi Pembangunan
Capaian Pembelajaran   Memiliki kemampuan merancang dan menerapkan metoda pengelolaan kolaboratif sumberdaya alam yang mempertimbangkan kondisi agraria, gender, dan kependudukan.
Minor : Pengembangan Masyarakat
Capaian Pembelajaran   Memiliki kemampuan merancang dan menerapkan metode partisipatoris untuk mendorong pengembangan masyarakat yang mempertimbangkan struktur dan tipologi masyarakat.

 

No. Matakuliah SKS Prasyarat Semester
Kode Nama Ganjil Genap
Matakuliah Tingkat Persiapan Bersama  
1 IPB 100 Agama 2 (2-0) 1
2 IPB 108 Bahasa Inggris 3 (2-2) 1
3 AGB 100 Pengantar Kewirausahaan 1 (1-0) 1
4 IPB 106 Bahasa Indonesia 2 (2-0) 1
5 FIS 100 Fisika 2 (2-0) 1
6 BIO 100 Biologi Umum 2 (2-0) 1
7 KPM 130 Sosiologi Umum 3 (2-2) 1
8 IPB 107 Pengantar Ilmu Pertanian 2 (2-0) 1
9 IPB 111 PPKn 2 (2-0) 2
10 IPB 112 Olahraga dan Seni 0 2
11 MAT 101 Landasan Matematika 3 (2-2) 2
12 KIM 101 Kimia 2 (2-2) 2
13 EKO 100 Ekonomi Umum 3 (2-2) 2
Sub Total SKS 27
Matakuliah Interdept
1 STK 211 Metode Statistika 3(2-2) 3
2 MAN 201 Pengantar Manajemen 3(3-0) 3
3 IKK 334 Manajemen Sumberdaya Keluarga 3(2-3) 4
4 GIZ 241 Ekologi Pangan dan Gizi 3(2-3) 5
5 AGB 331 Tata Niaga Produk Agribisnis 3(3-0) 5
6 AGB 312 Usahatani 3(2-3) 5
Sub Total SKS 18
Matakuliah Mayor
1 KPM 100 Berfikir dan Menulis Ilmiah 3 (2-3) IPB 106 IPB 108 2
2 KPM 110 Dasar-dasar Komunikasi* 3 (2-3) KPM 130 2
3 KPM 211 Ilmu Penyuluhan 3(2-3) KPM 130 3
4 KPM 212 Komunikasi Kelompok* 3(2-3) KPM 110 3
5 KPM 230 Sosiologi Pedesaan 3(2-3) KPM 130 3A 4B
6 KPM 220 Pengantar Ilmu Kependudukan 3(2-3) KPM 130, EKO 100 3
7 KPM 233 Antropologi Sosial 3(2-3) KPM 130 3  
8 KPM 231 Pengembangan Masyarakat 3(2-3) KPM 130 3B 4A
9 KPM 234 Psikologi Sosial 3(2-3) KPM 130 4
10 KPM 221 Kajian Agraria 3(2-3) KPM 130 4
11 KPM 214 Komunikasi Massa 3(2-3) KPM 110 5A 4B
12 KPM 311 Media Siaran 3(2-3) KPM 110 5A 4B
13 KPM 398 Metodologi Penelitian Sosial 3(2-3) KPM 100 5  
14 KPM 320 Ekologi Manusia 3(2-3) 5  
15 KPM 324 Politik Sumberdaya Alam 3(2-3) KPM 130 5
16 KPM 330 Perubahan Sosial 3(2-3) KPM 130 5A 6B
17 KPM 331 Kelembagaan, Organisasi dan Kepemimpinan 3(2-3) KPM 130 5B 6A
18 KPM 313 Komunikasi Bisnis 3(2-3) KPM 110 6
19 KPM 310 Pendidikan Orang Dewasa 3(2-3) KPM 130 6
20 KPM 333 Teknik-Teknik Partisipatoris 3(2-3) KPM 231 6
21 KPM 323 Pengelolaan Kolaboratif Sumberdaya Alam 3(2-3) KPM 130 6
22 KPM 332 Gender dan Pembangunan 3(2-3) KPM 130 6
23 FMA301 Kuliah Kerja Bersama Masyarakat 3 SKS Kumulatif 102 6
24 KPM 401 Manajemen Komunikasi Antar  Budaya 3(2-3) KPM 110 KPM 230 KPM 231 7
25 KPM 402 Perencanaan dan Evaluasi Partisipatif 4(2-4) KPM 333 7
26 KPM 403 Studi Pustaka/Studi Mandiri 3 KPM 100, KPM 398 Minimal 102 sks 7
27 KPM 497 Kolokium2 1 KPM 403 Minimal 121 sks. 8
28 KPM 499 Skripsi (Penelitian di Lapangan)3 6 KPM 100, KPM 398, KPM 403

Minimal 105 sks

8
Sub Total SKS 83

Matakuliah Minor: Komunikasi (Maksimum peserta 240 orang)

No Kode Matakuliah Bobot SKS Prasyarat Semester
Ganjil Genap
1 KPM 110 Dasar-Dasar Komunikasi* 3(2-3) KPM 130 3
2 KPM 212 Komunikasi Kelompok* 3(2-3) KPM 110 4
3 KPM 214 Komunikasi Massa 3(2-3) KPM 110 4
4 KPM 311 Media Siaran 3(2-3) KPM 110 5
5 KPM 313 Komunikasi Bisnis 3(2-3) KPM 110 6
Total SKS Minor   15 SKS

 

Matakuliah Minor: Ekologi Pembangunan (Maksimum peserta 50 orang)

No Kode Matakuliah Bobot SKS Prasyarat Semester
Ganjil Genap
1 KPM 220 Pengantar Ilmu Kependudukan 3(2-3) KPM 130

KPM 101

3
2 KPM 221 Kajian Agraria 3(2-3) KPM 130 4
3 KPM 320 Ekologi Manusia 3(2-3) KPM 130 5
4 KPM 332 Gender dan Pembangunan 3(2-3) KPM 130 6
5 KPM 323 Pengelolaan Kolaboratif Sumberdaya Alam 3(2-3) KPM 130 6
Total 15 SKS

 

 

Matakuliah Minor: Pengembangan Masyarakat (Maksimum peserta 120 orang)

No Kode Matakuliah Bobot SKS Prasyarat Semester
Ganjil Genap
1 KPM 230 Sosiologi Pedesaan 3(2-3) KPM 130 3
2 KPM 231 Pengembangan Masyarakat 3(2-3) KPM 130 4
3 KPM 320 Ekologi Manusia 3(2-3) KPM 130 5
4 KPM 330 Perubahan Sosial 3(2-3) KPM 130 5
5 KPM 333 Teknik-Teknik Partisipatoris 3(2-3) KPM 231 6
Total SKS Minor   15 SKS

 

Leave a Reply

*