E: skpm@apps.ipb.ac.id | LINE: @skpm_ipb

Catatan untuk Calon Presiden Direktur HIMASIERA (Bagian 1)

[SKPM] Siapapun yang terpilih memimpin HIMASIERA untuk periode 2019 adalah pilihan terbaik bagi mahasiswa SKPM. Mari kita dukung programnya dan berikan kritik jika mulai salah jalan. Jika menengok kinerja HIMASIERA setahun terkahir ini, ada beberapa catatan patut dipertimbangkan untuk kandidat Presiden Direktur terpilih.

Baca juga: Dialog Publik Calon Presiden Direktur HIMASIERA

Bangun Jejaring

Program-program yang bertujuan untuk membangun jejaring perlu dilanjutkan, bila perlu ditingkatkan. Kenapa? Di era disrupsi seperti ini membangun jejaring akan menjadi kekuatan yang dimiliki organisasi. Program seperti kunjungan ke himpro-himpro yang ada di IPB, himpro sejenis di luar IPB, dan jejaring dengan mahasiswa luar negeri. Yang perlu ditingkatkan lagi adalah membangun jejaring dengan himpro luar IPB dan luar negeri.

Disamping membangun jejaring dengan sesama mahasiswa, HIMASIERA perlu meluaskan jejaring dengan alumni, swasta, pemda dan pemerintah pusat.

Peningkatan Kompetensi Mahasiswa

Fungsi adanya himpunan profesi adalah untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa. Maka program-program untuk meningkatkan kompetensi itu patut menjadi perhatian ke depan. Kompetensi seperti kemampuan bahasa Inggris, teknik presentasi, membuat presentasi, membuat CV, fotografi, video, hingga kompetensi untuk menjadi MC perlu juga digarap.

Namun yang lebih penting adalah kompetensi yang menghasilkan kemampuan-kemampuan yang diperlukan saat kerja. Seperti sertifikat CSR, penyusunan dokumen proper, social mapping, toefl, dll.

Promosi

Departemen SKPM sebagai institusi pendidikan secara kualitas sudah terakui. Buktinya sudah memiliki akreditasi A dari BAN PT dan akreditasi internasional dari AUN QA. Tapi, masih belum banyak dikenal oleh berbagai institusi diluar. Maka perlu gerakan bersama, agar SKPM semakin dikenal oleh masyarakat luas dan hal itu perlu kerjasama.

Penulis: MSI | Editor: MSI

About the author

Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat adalah departemen di Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor yang terakreditasi A oleh BAN PT.

Related Posts

Leave a Reply

*