3 Alasan bahwa Kamu Tepat Memilih Jurusan SKPM di IPB!

HIMASIERA, SKPM IPB – Setiap mahasiswa, biasanya memiliki karateristik masing-masing. Terutama dalam hal memilih jurusan. Banyak sekali mahasiswa yang berusaha memilih jurusan yang diinginkan tetapi tidak sesuai dengan ekspektasi. Memilih jurusan kuliah merupakan salah satu hal yang perlu untuk dipertimbangkan dengan sangat matang agar perspektif ‘salah jurusan’ tidak menjadi beban kita selama kuliah. Alih-alih mengambil jurusan kuliah dengan prospek kerja yang ‘katanya’ menjanjikan, justru akan menjadikan kita semakin tertekan. Daya saing yang begitu tinggi dari setiap universitas akan menentukan nasib kita untuk memikirkan kemana kita harus memilih jurusan.

            Maka dari itu, untuk menghindari persepsi ‘salah jurusan’ di SKPM, simak tiga alasan di bawah ini. Check it out!

  1. Mata Kuliah yang diajarkan Beragam

Menurut Ilham, mahasiswa jurusan Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat angkatan 54 yang meraih IPK tertinggi mengatakan bahwa belajar di jurusan ini ialah hal yang sangat menyenangkan. Setiap mahasiswa SKPM akan diajarkan mata kuliah yang sangat beragam. Mulai dari komunikasi, pengembangan masyarakat, kependudukan, agraria, dan masih banyak lagi. Selain itu, jurusan ini pun memberikan materi tentang kepenulisan ilmiah sehingga setiap mahasiswa lulusan SKPM dijamin deh bakal menguasai banyak hal tentang kepenulisan. Hal ini pun akan membantu banget nih untuk menulis skripsi saat semester akhir.

  1. Jurusan yang Paling Dekat dengan Masyarakat 

Sesuai dengan nama jurusannya, jurusan ini ialah jurusan yang membuat setiap mahasiswanya bisa lebih dekat dengan masyarakat. Pengembangan Masyarakat merupakan bagian yang paling dinanti oleh setiap mahasiswa. Kenapa? Karena mahasiswa akan diajarkan cara berkomunikasi yang baik dengan masyarakat umum dan menganalisis setiap permasalahan yang terjadi dalam masyarakat. Hal ini pun dijelaskan oleh Vina, mahasiswa dengan 5 besar IPK tertinggi angkatan 54 dan  telah terbukti loh saat mahasiswa turun lapang, masyarakat sudah terbiasa dengan kedatangan mahasiswa jurusan SKPM dan menyambutnya dengan senang hati.

  1. Lulusan SKPM Banyak dicari Perusahaan

Dalam menjalani dunia perkuliahan, kita akan menerima banyak sekali pembicaraan tentang prospek kerja saat lulus. Prospek kerja jurusan SKPM terbilang cukup luas. Setiap mahasiswa yang lulus dapat bekerja sebagai peneliti di lembaga riset, program specialist di beragam NGO, kementrian sosial, menjadi Corporate Social Responsibility (CSR), hingga bekerja di beragam media seperti televisi, media cetak, ataupun media online. Selain itu, setiap lulusan di jurusan SKPM biasanya lulus hanya dalam waktu 3,5 tahun. Program akselerasi yang ditawarkan akan mempercepat lulusnya mahasiswa SKPM.

Nah itu dia ulasan dari mahasiswa berprestasi dengan IPK tertinggi di SKPM. Masih menganggap salah jurusan? yuk kenali lebih dalam jurusan yang paling dekat dengan masyarakat ini. Apalagi jurusan SKPM ini sudah terakreditasi A dengan nilai 366 sesuai SK BAN_PT No. 2921/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2018 yang berlaku hingga 23 Oktober 2023. (FE)

Related Posts

Leave a Reply

*