Dosen SKPM

Dosen Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat

Di era kontemporer ini kita tidak hanya dihadapkan dengan tantangan ketersediaan, mutu, dan produktivitas tetapi juga masalah keberlanjutan produksi pertanian, kelembagaan, kemiskinan, serta masalah lingkungan hidup lokal dan global. Teknologi dan ekonomi tak cukup untuk menjadi jalan keluar atas semua tantangan dan masalah tersebut.

Belajar di Departemen SKPM IPB akan bertemu dengan Dosen pengajar yang berkualitas dan mumpuni dibidangnya. Dosen-dosen yang terlibat mengajar di Departemen SKPM berasal dari lulusan perguruan tinggi terbaik dan terkemuka, baik dari dalam dan luar negeri. 

Divisi Komunikasi dan Penyuluhan

Bagian Komunikasi dan Penyuluhan (KP), Departemen Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia dibentuk dengan tiga rasionalitas sebagai landasan : legal-formal (yuridis), historis, dan ilmiah (scientific).  Ketiga landasan tersebut telah ada,  saling bertaut menguatkan dan saling melengkapi.

Selengkapnya »

Divisi Kependudukan, Agraria dan Ekologi Politik

Ada tiga alasan atau pertimbangan yang menjadi landasan dibentuknya Divisi (nama sebelumnya adalah Bagian) Kependudukan, Agraria, dan Ekologi Politik (KAREP)

Selengkapnya »

Divisi Sosiologi Pedesaan dan Pengembangan Masyarakat

Bagian ini meluaskan cakrawala ilmu sosiologi pedesaan dan pengembangan masyarakat sebagai ilmu sosial lintas-batas yang berakar pada ilmu-ilmu sosiologi, antropologi, psikologi, kependudukan, dan ekologi dalam rangka mewujudkan masyarakat pertanian, peternakan, kehutanan, serta perikanan dan pesisir yang berdaya.

Selengkapnya »

PROFIL SINGKAT

Dosen Dept Sains KPM

Profil Singkat

Dosen Divisi Komunikasi & Penyuluhan

Selengkapnya »

Profil Singkat

Dosen Divisi Kependudukan, Agraria & Ekologi Politik

Selengkapnya »

Profil Singkat

Dosen Divisi Sosiologi Pedesaan & Pengembangan Masyarakat

Selengkapnya »

KEUNGGULAN

Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi utama dalam merancang dan menerapkan metode komunikasi untuk pemberdayaan masyarakat

KEUNGGULAN

Menghasilkan riset-riset komunikasi dan pengembangan masyarakat yang dapat diterapkan dan mendorong pemberdayaan masyarakat

KEUNGGULAN

Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang komunikasi dan pengembangan masyarakat

Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat

Tujuan & Motto

1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi utama dalam merancang dan menerapkan metode komunikasi untuk pemberdayaan masyarakat, dan kompetensi pendukung dalam menerapkan ilmu komunikasi dan penyuluhan pembangunan, menerapkan ilmu kependudukan, agraria, dan ekologi pembangunan, dan menerapkan ilmu sosiologi pedesaan dan pengembangan masyarakat sebagai ilmu sosial lintas batas dari sosiologi, antropologi, psikologi, kependudukan, dan ekologi manusia sesuai dengan strata pendidikan dan program studinya (S1, S2, dan S3);
2. Menghasilkan riset-riset komunikasi dan pengembangan masyarakat yang dapat diterapkan dan mendorong pemberdayaan masyarakat secara sosial, ekonomi, dan politik; dan
3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang komunikasi dan pengembangan masyarakat yang dapat diterapkan dan mengembangkan masyarakat secara sosial, ekonomi, dan politik.

Selengkapnya »