E: skpm@apps.ipb.ac.id | LINE: @skpm_ipb

Studi Pustaka

Studi Pustaka

Studi Pustaka merupakan  kegiatan menulis Karya Ilmiah berdasarkan kajian pustaka, state of the art atas topik tertentu yang dikerjakan secara mandiri oleh mahasiswa dengan dengan bimbingan dosen pembimbing.

Hasil akhir Studi Pustaka disebut dengan Laporan Studi Pustaka yang merupakan tahap pertama dari empat tahapan penulisan tugas akhir mahasiswa PS KPM. Tiga tahap selanjutnya adalah Kolokium, Penelitian Skripsi dan Ujian Skripsi

KETENTUAN UMUM

Persyaratan peserta MK Studi Pustaka adalah sebagai berikut:
  1. Program Reguler: mahasiswa Semester 7 ke atas, lulus minimal 110 sks , lulus MK BMI (KMP 100) dan MK MPS (KPM 389).
  2. Program Akselerasi: mahasiswa Semester 6, lulus minimal 102 sks, dengan IPK ≥ 3,25 tanpa nilai C atau D dan lulus MK BMI (KPM 200) dan MK MPS (KPM 389) dengan minimal huruf mutu B.

 

Waktu pelaksanaan MK Studi Pustaka:
  1. MK Studi Pustaka diselenggarakan pada semester Ganjil dan Genap.
  2. Lama penulisan Laporan Studi Pustaka adalah 16 minggu untuk Program Reguler, dan 12 minggu untuk Program Akselerasi agar dapat mempersiapkan penyusunan proposal penelitian skripsi dan melaksanakan Kolokium pada semester yang sama.
  3. Bagi peserta Program Reguler, jika tidak selesai menulis Laporan Studi Pustaka dalam satu semester dapat memperpanjang 1 semester lagi, dan jika belum selesai dalam 2 semester dapat menambah waktu penulisan maksimal setengah semester lagi dari tambahan semester yang kedua, dengan persetujuan Dosen Pembimbing dan Tim Pengampu dengan mengisi Borang SP – 5. Dosen Pembimbing harus segera memberi nilai Laporan Studi Pustaka pada saat perpanjangan waktu habis.
  4. Bagi peserta Program Akselerasi, harus menyelesaikan penulisan Laporan Studi Pustaka dalam waktu satu semester saja, dan jika gagal maka secara langsung akan kembali pada Program Reguler.
  5. Bagi peserta Program Akselerasi yang tidak mampu menyelesaikan Laporan Studi Pustaka sesuai waktu yang telah ditentukan dapat mengikuti MK Studi Pustaka pada Program Reguler mulai dari awal.
    • Pengelolaan MK. Studi Pustaka

          Pengelolaan Studi Pustaka dilakukan sepenuhnya secara online, dari pendaftaran sampai penilaian, kecuali terjadi kasus tertentu yang memerlukan cara manual untuk mengatasinya

 

Education

  • Ph.D., Accounting & Finance, University of Strathclyde, Scotland
  • M.S.F., Finance, Boston College, Chestnut Hill, MA, 2006
  • M.B.A., Taxation, Golden Gate University, San Francisco, CA, 1983

Publications

  • The primary market value innovations of newly public firms
  • Auditor Tenure and Quality of Financial Report
  • Unexpected Fees and the Prediction of Material Weaknesses

Skills

Business Planning90%
Business Law70%
Lecture Skill100%