E: skpm@apps.ipb.ac.id | LINE: @skpm_ipb

Kolokium

Kolokium adalah mata ajaran dengan 1 sks dalam bentuk pertemuan ilmiah dan penulisan proposal skripsi yang diselenggarakan setiap semester.  Prosedur ini berlaku untuk kegiatan penyelenggaraan kolokium  Strata Satu (S1) mulai dari pendaftaran sampai dengan penyerahan proposal final.  Proposal skripsi adalah draft proposal skripsi yang diajukan untuk kegiatan penelitian yang berisi : Pendahuluan, Tinjauan teoritis, Pendekatan Lapang, Daftar pustaka dan Kuesioner.

Persyaratan mahasiswa kolokium sebagai berikut:

  • Bagi mahasiswa reguler harus lulus matakuliah TPB dan Mayor  minimal 106 sks.
  • Bagi mahasiswa akselerasi harus lulus matakuliah minimal 103 sks, IPK ≥ 3,25 tanpa nilai D, lulus Studi Pustaka/SP (KPM 403) serta lulus MK Berfikir dan Menulis Ilmiah/BMI (KPM 200) dan MK Metode Penelitian Sosial/MPS (KPM 38) dengan nilai minimal B dan tidak pernah mengambil cuti kuliah dengan alasan apapun.
  • Mahasiswa reguler yang akan mengambil mata kuliah kolokium harus mendaftar pada KRS A atau B pada semester 8.
  • Mahasiswa akselerasi yang akan mengambil maka kuliah kolokium harus mendaftar pada KRS A atau B pada semester 6.
Kuliah Kolokium

1.1.1.   Koordinator kolokium memberikan kuliah terkait pembuatan proposal penelitian.

1.1.2.   Koordinator kolokium memberikan kuliah prosedur pelaksanaan kolokium.

Penetapan Jadwal dan Penyebaran Undangan Kolokium

6.2.1.   Staf Administrasi melakukan screening nilai untuk menyeleksi mahasiswa yang memenuhi persyaratan kolokium dan mencetak transkrip seluruh peserta kolokium yang memenuhi syarat.

6.2.2.   Panitia kolokium menyusun  draft jadwal kolokium berdasarkan kesiapan mahasiswa (kecepatan penyelesaian Studi Pustaka/SP)

6.2.3.  Koordinator Kolokium menyebarkan jadwal kolokium regular kepada dosen pembimbing dan moderator kolokium untuk mendampingi mahasiswa dalam presentasi yang telah dijadwalkan.

6.2.4.   Staf Administrasi Akademik membuat undangan kolokium dan membuat pengumuman jadwal kolokium melalui website. Staf Administrasi mendistribusikan undangan kolokium paling lambat tiga hari sebelum pelaksanaan kolokium kepada mahasiswa, moderator, dosen pembimbing dan mahasiswa peserta kolokium. Undangan kolokium untuk mahasiswa peserta kolokium disampaikan melalui media informasi website dan undangan untuk dosen disampaikan melalui milist.

Pendaftaran

Mahasiswa menyerahkan seluruh berkas persyaratan kolokium yang  telah dimasukkan ke dalam map berwarna kuning bertuliskan nama beserta NIM mahasiswa di bagian depan map 3 hari sebelum jadwal sebagai penyaji. Kelengkapan berkas sebagai berikut:

1.       Form K-1: Pendaftaran Kolokium

2.       Kartu Kolokium/Seminar Skripsi yang menunjukkan: telah mengikuti kolokium dengan total minimal sebanyak 5 kali kolokium dari Program Studi KPM-IPB dan 3 kali dari Program Studi lainnya.

3.       Fotokopi pembayaran SPP semester berjalan.

4.       Bukti upload makalah yang dikirimkan ke www.skpm.ipb.ac.id/karyailmiah

5.       Proposal skripsi sebanyak 4 eksemplar, dengan format makalah sebagai berikut (Form K-4: Format Proposal skripsi):

a.     Merupakan draft proposal penelitian secara lengkap.

b.     Diketik pada kertas A4; spasi 1; huruf Arial 11; format 2-2-2-2.

c.     Susunan proposal: (1) Pendahuluan; (2) Pendekatan Teoretis; (3) Pendekatan Lapangan; (4) Daftar Pustaka; (5) Lampiran.

6.       Mahasiswa mengisi identitas pada :

a.     form pembahasan

b.     form nilai presentasi

c.     form nilai akhir kolokium

d.     form ceklist kelengkapan kolokium

7.       Staf Administrasi Pendidikan memeriksa kelengkapan persyaratan kolokium kemudian diserahkan kepada moderator kolokium satu hari sebelum pelaksanaan kolokium.

Pelaksanaan Kolokium

1.     Staf Administrasi menyiapkan berkas kolokium dan konsumsi.

2.     Moderator mengambil  map hijau yang berisi proposal skripsi, daftar hadir peserta, borang monitoring penyelesaian skripsi dari Sekretariat.

3.     Moderator memastikan jumlah minimal peserta, yaitu sebanyak 10 orang di luar pembahas

4.     Moderator mengedarkan dan mengontrol daftar hadir (Form K 6: Daftar Hadir Kolokium)

5.     Moderator memandu pelaksanaan presentasi.

a.     Membuka kolokium

b.     Mengatur pergiliran dan mencatat pertanyaan-pertanyaan dari floor dan jawaban penyaji

c.     Memastikan kolokium berjalan tepat waktu dengan alokasi waktu:

–            15 menit untuk presentasi

–           5 menit untuk diskusi dengan pembahas

–            25 menit untuk diskusi dengan peserta kolokium

–            10 menit untuk komentar dari dosen pembimbing dan pemandu

–            5 menit untuk pembukaan dan penutupan kolokium oleh pemandu

d.     Moderator menandatangani Kartu Kolokium/Kartu Seminar  para peserta

e.     Moderator menutup kolokium dengan mengingatkan target waktu penyerahan proposal dan keharusan mahasiswa hadir pada pertemuan monitoring penyelesaian skripsi pada masa UTS dan UAS semester ini.

f.       Moderator memberi penilaian presentasi mahasiswa dalam kolokium dan memberikan masukan dan kritik serta menggabung nilai dari dosen pembimbing dan moderator. (Borang K 7: Lembar Penilaian Presentasi),

6.   Moderator menyerahkan map kuning (berisi kelengkapan kolokium mahasiswa, materi dan pertanyaan pembahas) dan map hijau (berisi makalah kolokium, daftar hadir, penilaian akhir presentasi dan notulen kolokium)  ke Sekretariat Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat.

7.  Staf Administrasi menyerahkan borang monitoring penyelesaian skripsi  kepada mahasiswa penyaji.

8.  Staf  administrasi memberikan  informasi  nilai  akhir  kolokium selambat-lambatnya 1 (satu) bulan setelah Dosen Pembimbing menyerahkan nilainya ke Sekretariat Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat.

9. Mahasiswa penyaji wajib menyerahkan 2 proposal untuk pembimbing dan sekretariat.

10. Mahasiswa  menyerahkan  bukti  upload  proposal  melalui skpm.ipb.ac.id/karyailmiah.

Penilaian

Penilaian kolokium dan penyelesaian proposal skripsi dilaksanakan sebagai berikut:

1.     Nilai akhir kolokium merupakan nilai rata-rata dari:

a.     Nilai presentasi kolokium yang diberikan oleh dosen pembimbing dan pemandu kolokium

b.     Nilai penulisan proposal skripsi

2.     Komponen penilaian dalam presentasi kolokium meliputi:

a.     Penyampaian materi dan penggunaan instrumen audiovisual. Penilaian meliputi: kejelasan materi, kejelasan hasil audiovisual, daya tarik audiovisual.

b.     Penguasaan materi dan kemampuan menjawab. Penilaian meliputi: kelancaran dalam menyampaikan materi dan kemampuan menjawab pertanyaan berdasarkan bahan dari makalah kolokium

c.     Ketepatan waktu. Penilaian meliputi:

–        Presentasi selambat-lambatnya 15 menit

–        Kemampuan menjawab pertanyaan dari pembahas selambat-lambatnya 5 menit

–        Kemampuan menjawab pertanyaan dari partisipan selambat-lambatnya 25 menit

d.     Sikap dan penampilan. Penilaian meliputi:

–        Berbudi bahasa menurut bahasa Indonesia yang benar

–        Menghargai kritik dan saran

–        Mengenakan pakaian formal sebagaimana diharapkan dalam kolokium (tidak menggunakan jins, pria mengenakan dasi, wanita mengenakan rok atau celana panjang).

3.     Komponen penilaian dalam proposal skripsi meliputi:

a.     Orisinalitas dan kerumitan mendapatkan sumber rujukan/data. Penilaian meliputi:

–        Peluang temuan baru bagi perkembangan ilmu pengetahuan

–        Kerumitan dalam memperoleh literatur rujukan

–        Kerumitan dalam memperoleh data sekunder

–        Kerumitan dalam memperoleh data primer

b.     Relevansi latar belakang dengan perumusan masalah dan tujuan. Penilaian meliputi:

–        Penegasan kesenjangan yang diuraikan dalam latar belakang dengan perumusan masalah

–        Hubungan antara perumusan masalah dan tujuan penelitian

c.     Konsistensi perumusan masalah dan tujuan, metodologi, dan instrumen. Penilaian meliputi:

–        Upaya menurunkan masalah dan tujuan ke dalam metode-metode penelitian

–        Penentuan lokasi penelitian yang mampu menjawab masalah dan tujuan penelitian

–        Penyusunan instrumen yang mampu menjawab masalah penelitian

d.     Deskriptif. Penilaian meliputi:

–        Kemampuan menguraikan fakta dengan lengkap

–        Kemampuan menggunakan alat bantu dalam menguraikan fakta (tabel, gambar, kutipan narasi).

e.     Obyektif. Penilaian meliputi:

–        Kemampuan dalam menunjukkan fakta-fakta yang mendukung pernyataan-pernyataan peneliti

–        Kemampuan dalam menunjukkan fakta-fakta yang menolak pernyataan-pernyataan peneliti

–        Pernyataan penulis tidak sugestif

f.       Analitis. Penilaian meliputi:

–        Kemampuan menguraikan pemikiran peneliti

–        Kemampuan mengkategorikan fakta dan pemikiran

–        Kemampuan menghubungkan fakta dan teori atau konsep

–        Kemampuan mensintesiskan fakta-fakta sesuai dengan ”kerangka pemikiran”

g.     Sistematis. Penilaian meliputi:

–        Kemampuan memaparkan gagasan secara berurutan

–        Sistematisasi bab dan sub bab dalam memaparkan gagasan, masalah dan tujuan penelitian.

h.     Kesesuaian format teknik penulisan ilmiah. Penilaian meliputi:

–        Penulisan teks dan lampiran sesuai dengan aturan Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat

–        Penyertaan tabel dalam teks dan lampiran

–        Penyertaan gambar dalam teks dan lampiran

–        Penyertaan narasi dan dokumen lain dalam teks dan lampiran

i.       Gaya bahasa ilmiah. Penilaian meliputi:

–        Penulisan non populer

–        Menghindari plagiarisme dengan menyertakan kutipan dan pustaka secara benar

4.     Huruf mutu dari nilai akhir kolokium sebagai berikut:

Total Nilai Akhir Mata Kuliah (x)

Huruf Mutu Angka Mutu
X ≥ 80 A 4,0
75 ≤ X < 80 AB 3,5
70 ≤ X < 75 B 3,0
65 ≤ X < 70 BC 2,5
55 ≤ X < 65 C 2,0
45 ≤ X < 55 D 1,0
X < 45 E

0

 

5.     Nilai akhir dikompilasi oleh Dosen Pembimbing, selanjutnya diserahkan ke Sekretariat Program Studi Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat.

6.     Nilai diumumkan selambat-lambatnya satu (1) minggu sesudah berkas penilaian dikembalikan oleh Dosen Pembimbing.