E: skpm@apps.ipb.ac.id | LINE: @skpm_ipb

POB Kelulusan

Scholarships

Kingster University offers a variety of scholarships and fellowships designed to help you and your family pay for university. Scholarships and grants are types of gift aid that do not have to be repaid. They may take the form of University scholarships, federal or state grants, or outside scholarships.

Tugas Akhir

Kualitas dari sebuah perguruan tinggi selain dapat dilihat dari rata-rata lama lulusannya mendapatkan pekerjaan juga dapat dilihat dari rata-rata masa atau lama studi dari mahasiswanya. Setiap perguruan tinggi akan mempunyai variasi lama studi dari mahasiswanya yang berbeda-beda. Program studi berkewajiban untuk memantau perkembangan studi dari mahasiswanya. Kemudian program studi juga mempunyai tugas untuk memprediksi lama studi dari setiap mahasiswanya guna menentukan dan mengantisipasi terjadinya mahasiswa yang ’mangkrak’ atau ’mangkir’ yang akan menyebabkan kinerja program studi menjadi kurang baik.

Menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.73 Tahun 2009, salah satu elemen penilaian akreditas adalah ketepatan masa studi yang ditempuh mahasiswa. Akan tetapi, saat ini banyak permasalahan yang muncul mengenai keterlambatan waktu kelulusan mahasiswa.  Dan Sesuai dengan buku peraturan akademik Instititu Pertanian Bogor (IPB) tahun akademik 2010/2011, Program Sarjana(S- 1) reguler adalah program pendidikan akademik setelah pendidikan menengah yang memiliki beban studi sekurang-kurangnya 144 sks yang dijadwalkan untuk 8 semester dan paling lama 14 semester.

PROSES BISNIS KELUSUAN SARJANA SKPM

Setiap proses bisnis perlu adanya prosedur operasional baku dengan standar mutu masing-masing agar visi, misi dan tujuan dapat tercapai. Seluruh proses kegiatan penyelesaian tersebut sudah memiliki SOP yang sudah tersertifikasi ISO 9001 : 2008 pada tahun sejak tahun 2014 dan menjadi 9001 : 2015 pada tahun 2015

Dengan  rata-rata waktu yang ditempuh untuk menyelesaikan studi adalah 4 tahun tersebut, banyak juga mahasiswa tingkat akhir yang memiliki masalah keterlambatan waktu kelulusan. Masalah tersebut dapat dipengaruhi beberapa hal, seperti: IPK yang akan mempengaruhi pengambilan banyaknya SKS, masalah finansial, atau masalah-masalah lain yang timbul dari dalam diri mahasiswa itu sendiri maupun dari luar.  Oleh karena itu perlu progam studi perlu melakukan upaya-upaya agar dapat agar dapat membantu mahasiswa dalam percepatan penyelesaian studi. Departemen SKPM mulai tahun 2007 membuka program akselerasi dengan masa studi 3.5 tahun dan reguler 4 tahun.