E: skpm@apps.ipb.ac.id | LINE: @skpm_ipb

Dina Nurdinawati, S.KPm, M.Si

Dina Nurdinawati

Studi KependudukanGoogle Scholar

Dosen aktif di Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat pada divisi keilmuan Kependudukan, Agraria dan Ekologi Politik

Biografi

Dina Nurdinawati bekerja sebagai seorang Dosen di Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM), Fakultas Ekologi Manusia (FEMA), IPB. Mata kuliah yang diampu oleh Dina diantaranya adalah Pengantar Ilmu Kependudukan, Gender dan Pembangunan, Berfikir dan Menulis Ilmiah, Metodologi Penelitian Sosial, Sosiologi Umum, dan Kajian Agraria. Dina menduduki beberapa jabatan struktural di kampus tempat Dina bekerja, yakni: Ketua Komisi Kemahasiswaan dan Disiplin Departemen SKPM dan Sekretaris Divisi Kependudukan, Agraria, dan Ekologi Politik. Selain aktif bekerja sebagai seorang dosen, Dina juga aktif di Pusat Studi Agraria (PSA) IPB sebagai Kepala Unit Data Spasial dan Statistik Agraria. 

Terkait pengalaman penelitian, Dina banyak terlibat dalam penelitian-penelitian yang bertemakan studi kependudukan, studi keluarga, studi agraria, gender, dan studi pengembangan masyarakat. Dalam dua tahun terakhir ini Dina dipercaya sebagai Konsultan Rumah KitaB dan Yayasan Karampuang Mamuju untuk melakukan penelitian bersama Unicef mengenai pengukuran skor indeks penerimaan perkawinan anak di Jawa Timur dan di Mamuju. Dina juga aktif menjadi narasumber dan pembicara maupun penyaji dalam beberapa kegiatan diantaranya: Penyaji dalam seminar internasional “Growing up in One Parent Family in Asia”, Penyaji dalam seminar kependudukan nasional di Bandung, Juri karya tulis ilmiah dalam Kemah Riset Nasional, Narasumber dalam Seminar Pencegahan Pekawinan Anak di Bogor dan di Jakarta, serta trainer dalam Pelatihan Pengambilan data Lapangan Survey Indeks Penerimaan Perkawinan Anak di Jawa Timur dan di Mamuju.

Pendidikan

  • M.Si | Universitas Indonesia, Program Studi Kajian Kependudukan dan Ketenagaan Kerja
  • S.KPm | Institut Pertanian Bogor, Program Studi Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat

Publikasi

  • The primary market value innovations of newly public firms
  • Auditor Tenure and Quality of Financial Report
  • Unexpected Fees and the Prediction of Material Weaknesses

Skills

Business Planning90%
Business Law70%
Lecture Skill100%