E: skpm@apps.ipb.ac.id | LINE: @skpm_ipb

Kurikulum SKPM 4.0 akan Bekali Mahasiswa dengan Skill Abad 21

Kurikulum SKPM 4.0  dirancang untuk mampu bekali mahasiswa dengan skill abad 21. Proses pembelajaran ke depan tidak hanya memberikan penguatan pada kemampuan dasar mahasiswa. Matakuliah juga sudah diarahkan menuju penguatan pada kompetensi dan pembentukan karakter. Hal ini sejalan dengan hasil studi yang dilakukan oleh World Economic Forum (2015) sebagai berikut:

“To thrive in a rapidly evolving, technology-mediated world, students must not only possess strong skills in areas such as language arts, mathematics and science, but they must also be adept at skills such as critical thinking, problem-solving, persistence, collaboration and curiosity”

Sejalan dengan kurikulum SKPM 4.0 yang dipaparkan oleh Ketua Departemen SKPM, Dr. Arya Hadi Dharmawan dalam kegiatan lokakarya akademik FEMA Kampus Darmaga, Bogor (24/7). Kurikulum SKPM 4.0 mempertautkan antara proses pembelajaran dengan pemenuhan skill abad 21. Hasil penelitian yang dilakukan World Economic Forum (2015) menjelaskan bahwa skill yang diperlukan pada abad 21 terbagi dalam 3 (tiga) kelompok besar, yakni foundational literacies (literasi dasar), competencies (kompetensi), dan character qualities (karakter berkualitas).

Baca juga: Hadapi Industri 4.0, SKPM Tawarkan Lulusan yang Mumpuni dan Tangguh

Dr. Arya Hadi Dharmawan memaparkan meskipun kurikulum SKPM 4.0 sudah disusun sejak tahun 2018, namun sudah mempertimbangkan pula pemenuhan skill abad 21. Pemenuhan dilakukan baik dalam kegiatan perkuliahan maupun praktikum.

Skill abad 21 sudah kita masukkan dalam kurikulm SKPM 4.0. Proses pembelajaran tidak lagi dilakukan secara konvensional namun sudah memperhatikan ciri perilaku generasi millennial” ujarnya.

Lanjutnya Departemen SKPM akan terus berinovasi untuk memberikan layanan pembelajaran terbaik dan terdepan, menghasilkan lulusan yang mampu berkontribusi untuk kemajuan bangsa. (MSI)

About the author

Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat adalah departemen di Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor yang terakreditasi A oleh BAN PT.

Related Posts

1 Response

Leave a Reply

*