Jurnal-jurnal di Departemen SKPM Siap menjadi Jurnal Terindeks Scopus

Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM) IPB University menggelar Lokakarya Peningkatan Manajemen Pengelolaan Jurnal menuju Terindeks Scopus.  Lokakarya digelar di Hotel Papyrus, Bogor pada Jumat, (20/12). Dr Ir Arya Hadi Dharmawan, MSc.Agr, Ketua Departemen SKPM  menyatakan bahwa lokakarya ini merupakan persiapan untuk jurnal-jurnal di Departemen SKPM terindeks scopus.

“Kita memiliki empat jurnal dengan tiga jurnal diantaranya terakreditasi nasional Sinta 2 dan Sinta 3. Ini menjadi modal untuk terus meningkatkan jurnal-jurnal kita menjadi terindeks scopus. Pertemuan ini ditujukan untuk menyusun langkah-langkah strategis untuk mencapainya,” ujarnya.

Lokakarya dihadiri semua pengelola jurnal-jurnal di Departemen SKPM, yakni Jurnal Sodality, Jurnal Penyuluhan, Jurnal Komunikasi Pembangunan, serta Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat. Melalui kegiatan ini para pengelola jurnal tersebut menyusun berbagai kebutuhan pengelolaan pengelolaan jurnal seperti format, mitra bestari, dan alur penerbitan.

Disamping membahas perbaikan manajemen pengelolaan jurnal, pada kegiatan lokakarya juga dibahas isu-isu tantangan ke depan. Seperti syarat jurnal terindeks scopus, pembiayaan, pengelola, dan fasilitas. Harapannya isu-isu tersebut dapat diantisipasi oleh pengelola jurnal dan pimpinan, agar kualitas jurnal terjaga dan menjadi semakin kompetetitif. (MSI)

About the author

Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat adalah departemen di Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor yang terakreditasi A oleh BAN PT.

Leave a Reply

*