E: skpm@apps.ipb.ac.id | LINE: @skpm_ipb

Department of Sociology and Anthropology, Kasetsart University akan kirimkan mahasiswa untuk program KKN IPB

[SKPM IPB, 17 Oktober 2018] Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM) – IPB mengadakan kunjungan ke Department of Sociology and Anthropology, Faculty of Social Science, Kasetsart University pada hari kedua di Bangkok, Thailand (17/10). Dalam acara studi banding ini, Departemen SKPM mengunjungi Department of Sociology and Anthropology untuk menjalin kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Baca juga: Departemen SKPM dan KBRI Bangkok Jalin Kerjasama Program Magang Satu Bulan untuk Mahasiswa

Pada kunjungan kali ini rombongan Departemen SKPM diterima perwakilan pimpinan dari Faculty of Social Science dan Department of Sociology and Anthropology. Pada kesempatan ini, masing-masing institusi memaparkan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Departemen SKPM memaparkan profil departemen dan bentuk-bentuk kerjasama yang bisa dijalankan bersama antar institusi yang disampaikan oleh Dr. Arya Hadi Dharmawan selaku Ketua Departemen.

“Departemen SKPM berupaya untuk menjadi institusi pendidikan yang memiliki kualitas internasional. Oleh karena itu, SKPM akan terus menggalang kerjasama luar negeri terutama dengan perguruan tinggi di Asia. Pada era sekarang ini, membangun jaringan dan kerjasama dengan perguruan tinggi lainnya menjadi sebuah keharusan karena tidak bisa berjalan sendiri-sendiri,” ujar Ketua Departemen, Dr. Arya Hadi Dharmawan dalam sambutannya.

Selain itu, Departemen SKPM juga memaparkan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai salah satu program unggulan dalam kegiatan pendidikan di IPB yang diwaliki oleh Dr. Ninuk Purnaningsih. “IPB menawarkan untuk ikut bergabung dalam program KKN bagi mahasiswa-mahasiswa asing dan tidak dipungut biaya bagi mahasiswa tersebut.” ujar Dr. Ninuk Purnaningsih dalam presentasinya.

Mengirimkan Mahasiswa untuk Kegiatan KKN

Pada akhir kunjungan, salah satu bentuk kerjasama yang akan ditindaklanjuti adalah pengiriman mahasiswa Department of Sociology and Anthropology, Faculty of Social Science, Kasetsart University untuk ikut serta dalam program KKN IPB. Dalam kesempatan ini, Departemen SKPM hanya akan menggratiskan biaya KKN bagi mahasiswa dari Department of Sociology and Anthropology, sedangkan biaya perjalanan dan akomodasi tetap menjadi tanggungan Department of Sociology and Anthropology.

Departemen SKPM menawarkan jika mahasiswa mengikuti kegiatan KKN sesuai dengan program IPB, maka mahasiswa akan memperoleh credit (sks) sesuai dengan yang berlaku di IPB. Namun, jika mahasiswa hanya terlibat sebagian kegiatan, maka IPB akan memberikan sertifikat sebagai peserta dalam program KKN IPB. (MSI)

About the author

Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat adalah departemen di Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor yang terakreditasi A oleh BAN PT.

Related Posts

Leave a Reply

*