E: skpm@apps.ipb.ac.id | LINE: @skpm_ipb

Program Akselerasi Beri Kesempatan Mahasiswa Bisa Lulus 3,5 Tahun

Program akselerasi yang diluncurkan sejak tahun 2009 merupakan program satu-satunya di IPB. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bisa lulus 3,5 tahun. Sejak dimulai, peserta terus mengalami penambahan yang signifikan. Lalu apa keunggulan program akselerasi?

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Program Akselerasi

Mahasiswa Bisa Lulus 3,5 Tahun

Normalnya, program sarjana lulus 8 semester atau 4 tahun. Program ini dirancang untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa lulus 7 semester atau 3,5 tahun. Bagi mahasiswa yang memiliki prestasi akademik (IPK) lebih baik, diberikan kesempatan mengikuti program akselerasi. IPK minimal untuk ikut program ini adalah 3,25 dan telah menyelesaikan 102 sks. Selain syarat IPK dan jumlah sks, untuk bisa mengikuti program ini mahasiswa harus lulus matakuliah Berfikir dan Menulis Ilmiah dan matakuliah Metodologi Penelitian Sosial dengan minimal nilai B. Syarat akademik yang dipenuhi kemudian ditambah dengan syarat komitmen bagi mahasiswa untuk mengikuti program akselerasi yang sudah dijadwalkan oleh program studi.

Mahasiswa Hemat UKT

Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa lulus 7 semester. Tentu ini akan menghemat biaya SPP satu semester, terutama saat ini dengan sistem UKT. Bagi beberapa mahasiswa yang UKTnya cukup besar, dengan lulus 1 semester lebih awal tentu sangat berarti.

Menambah Reputasi Lulusan

Bisa lulus 3,5 tahun merupakan reputasi yang bisa dibanggakan saat melamar kerja. Bagi mahasiswa yang lulus dari program ini, akan mendapatkan sertifikat telah mengikuti program akselerasi. Berbekal sertifikat ini, lulusan bisa menggunakan untuk menambahkan di CV saat mengajukan lamaran kerja. Selain aktif di organisasi seperti HIMASIERA sebagai bekal pengembangan diri, program ini bisa menambah nilai jual lulusan. Beberapa perusahaan secara khusus minta alumni yang mengikuti program ini.

Kesempatan Berkiprah Ditempat Lain Lebih Awal

Beberapa mahasiswa yang mengikuti program ini beralasan jika cepat lulus maka cepat juga berkiprah ditempat lain. Karir yang dipilih oleh lulusan program akselerasi adalah bekerja (untuk meringankan beban ekonomi keluarga), melanjutkan studi, mengikuti sebagai voluntir dan banyak lagi.

 

About the author

Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat adalah departemen di Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor yang terakreditasi A oleh BAN PT.

Leave a Reply

*