E: skpm@apps.ipb.ac.id | LINE: @skpm_ipb

Mengenal Lebih Jauh Program Akselerasi

 

Proses pembimbingan program akselerasi di ruang dosen

HIMASIERA, SKPM IPB – Akselerasi adalah salah satu program yang ada di departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia. Program ini memungkinkan mahasiswa SKPM untuk lulus dalam waktu 3,5 tahun. Mungkin di antara pembaca – pembaca Himasiera Breaking News masih ada yang belum mengenal program ini, untuk itu mari mengenal lebih jauh program akselerasi SKPM.

Awal Mula Terbentuknya Akselerasi

Akreditasi adalah salah satu bentuk pencapaian departemen atas kinerja yang telah dilakukan dalam menjalankan program-program perkuliahan. Salah satu penilaian dalam akreditasi adalah jumlah lulusan. Berdasarkan analisis dari data-data sebelumnya, bahwa ilmu-ilmu sosial seperti SKPM cenderung memiliki lulusan yang tidak tepat waktu. Usaha dari departemen SKPM untuk mengatasi hal ini adalah membentuk program akselerasi untuk menghasilkan mahasiswa yang lulus tepat waktu, bahkan lulus hanya dalam waktu 3,5 tahun. Selain itu, program akselerasi merupakan kesempatan untuk mahasiswa yang memiliki prestasi di bidang akademik yang baik dan ingin lulus lebih cepat.

Hambatan dan Tantangan dalam Akselerasi

Menurut salah satu dosen SKPM yang membimbing mahasiswa akselerasi, Ir. Sutisna Riyanto, MS, hambatan dalam akselerasi adalah kesesuaian waktu antara mahasiswa dengan dosen. “Kalau masalah kendala ini sebenarnya persoalannya cuma satu, jadi bukan kesibukkan dosen, bukan kesibukkan mahasiswa, bukanlah hal yang lain tetapi kesesuaian waktu aja, Dosennya sedang longgar, mahasiswanya sibuk. Mahasiswanya ada waktu kosong, dosennya ada acara,”.

Selain itu, menurut salah satu lulusan program akselerasi, Widya Hasian Situmeang, S.Kpm, tantangan dari program akselerasi sebenarnya terletak pada saat penelitian di lapang, karena mahasiswa akselerasi harus melakukan penelitian ketika masih menjalankan perkuliahan di semester 7.

Alasan Mahasiswa-Mahasiswa SKPM Mengikuti Program Akselerasi

Salah satu mahasiswa angkatan 52 yang pernah mengikuti program akselerasi, M. Arismal Rezki, alasan mengapa ia mengikuti akselerasi adalah ingin mengeksplorasi diri selama 6 bulan yang kosong setelah selesai sidang. “Selama 6 bulan ini lebih kepada kayak pengembangan skill di bidang fotografi atau di bidang design, baru terjun ke dunia kerja,”. Sedangkan menurut Nasya Fadhilah, mahasiswi akselerasi SKPM 53, alasan mengapa ia mengikuti program akselerasi adalah karena ingin meringankan beban orang tua dalam membiayai kehidupan kuliah dan juga ingin cepat lulus dan melanjutkan S2.

Penghargaan dari Departemen untuk Mahasiswa Akselerasi

Bagi mahasiswa SKPM yang mengikuti akselerasi akan mendapatkan ijazah dari IPB, surat kompetensi dari FEMA (HPS), sertifikat lulus dari program akselerasi dan akan disebutkan bahwa ia lulus melalui program akselerasi.

Kiat-Kiat Menjalankan Program Akselerasi Bagi Mahasiswa yang Mengikuti Organisasi

Sebagai mahasiswa yang mengikuti program akselerasi, sekaligus menjabat menjadi Presiden Direktur Himasiera, M. Arismal Rezki, memiliki kiat-kiat untuk membagi waktu, yaitu dengan memiliki timeline atau catatan pribadi. “Misalnya hari ini harus meringkas 2 jurnal, nah timeline itu harus bener-bener dipenuhi. Jadi kayak sampai tidak tidur untuk menyelesaikan timeline itu sendiri,”. Sedangkan menurut Widya Hasian Situmeang, S.Kpm, sebagai mahasiswa yang mengikuti akselerasi dan memiliki kesibukan organisasi, mahasiswa harus tetap menomorsatukan kegiatan akademik karena kuliah adalah tujuan utama dan organisasi adalah bonus sampingan untuk mengimplementasikan apa yang sudah diterapkan di perkuliahan. (AWP)

Related Posts

1 Response

Leave a Reply

*