E: skpm@apps.ipb.ac.id | LINE: @skpm_ipb

Hal-hal yang Bisa Dilakukan untuk Mengurangi Resiko Saat Gempa

[SKPM IPB, 03/08] Gempa Magnitudo 7,4 mengguncang wilayah Samudera Hindia Selatan pulau Jawa, Jumat (2/8/2019) pukul 19.03.21 WIB. Gempa yang berpusat gempa di Sumur, Banten dengan kedalaman 10 km sebagai mana yang diinformasikan oleh BMKG.

Lalu hal-hal apa saja yang bisa dilakukan untuk mengurangi resiko gempa? Dilansir dari berbagai sumber, berikut hal-hal yang bisa dilakukan:

  1. Tetap tenang. Bila Anda berada di dalam ruangan, tetaplah tinggal di dalam. Bila gempa berlangsung saat Anda berada di luar ruangan, tetaplah berada di luar.
  2. Bila Anda berada di dalam ruangan, hindari berdiri di dekat dinding dekat pusat bangunan ruangan. Anda juga bisa berdiri di area pintu, atau berlindung di bawah meja yang kokoh. Hindari berada di dekat jendela atau di luar pintu.
  3. Bila Anda di luar ruangan, tetaplah di area terbuka, hindari berada di bawah benda atau gedung yang berpotensi runtuh atau jatuh.
  4. Jangan gunakan korek api, lilin, atau benda berapi lainnya. Ini untuk menghindari kemungkinan kebocoran gas.
  5. Bila Anda tengah di dalam mobil, menepilah dan tetap berada di dalam mobil.
  6. Jangan gunakan lift. Ini untuk menghindari lift kemungkinan lift macet dan Anda terperangkap di dalamnya.
About the author

Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat adalah departemen di Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor yang terakreditasi A oleh BAN PT.

Leave a Reply

*