E: skpm@apps.ipb.ac.id | LINE: @skpm_ipb

Tutorial Moodle: Cara Menggunakan Fitur Lesson di Moodle

[SKPM] Moodle menjadi aplikasi pembelajaran daring yang paling populer hingga saat ini. Moodle selain gratis, fitur-fitur yang disediakan juga mendukung untuk proses interaktif meskipun tidak dilakukan tatap muka.

Secara garis besar fitur di moodle terbagi menjadi dua. Pertama, fitur activity yang menyediakan semua bentuk fitur kegiatan untuk peserta belajar. Kedua, fitur resource yang menyediakan berbagai tipe materi bahan pembelajaran. Pada kesempatan kali akan dibahas bagaimana menggunakan fitur lesson.

Apa itu Lesson?

Lessons merupakan salah satu aktivitas yang ada di moodle yang berperan sebagai aktivitas penambahan pembelajaran dalam materi perkuliahan/pembelajaran. Seseorang dapat menambahkan kegiatan pembelajaran baru dalam kegiatan pembelajaran sekaligus dapat membuat sebuah latihan pada tahap akhir pembelajaran melalui aktivitas lessons ini.

Lesson ditujukan agar teacher dapat membuat aktifitas yang berisi konten yang menarik dan fleksibel. Lesson terbagi menjadi beberapa halaman dan diakhir setiap halaman biasanya terdapat pertanyaan yang memiliki beberapa jawaban. Jawaban yang dipilih student akan menentukan halaman mana yang akan diaksesnya.

Manfaat Lesson

Manfaat yang ada pada aktivitas lessons ini seperti kegiatan pembelajaran tatap muka. SeorangĀ teacherĀ dapat mengatur proses pembelajaran daring di lesson seperti aktivitas pembelajaran tatap muka. Melalui fitur lesson ini, seorang teacher juga dapat mengatur urutan proses pembelajaran sesuai dengan pokok bahasan materi yang diberikan saat di ruang kelas.

Cara Menggunakan Lesson

Bagaimana cara menggunakan lesson? Berikut ada video yang bisa menjelaskan mengatur fitur lesson dengan baik. Silahkan mencoba!

Penulis: MSI | Editor: MSI

About the author

Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat adalah departemen di Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor yang terakreditasi A oleh BAN PT.

Leave a Reply

*