E: skpm@apps.ipb.ac.id | LINE: @skpm_ipb

Pesan Seorang Alumni kepada Mahasiswa SKPM : Banggalah menjadi Mahasiswa SKPM

HIMASIERA, SKPM IPB – Peran kedua orang tua dan keluarga serta dukungan dari mereka merupakan hal yang kuat dalam diri Nubzatsania untuk menumbuhkan motivasi dirinya. Seorang perempuan cantik berdarah Palembang dan Betawi ini merupakan lulusan Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat Institut Pertanian Bogor angkatan 52. Lewat kerja kerasnya dan tekad yang tinggi untuk membanggakan keluarganya menjadikan perempuan 21 tahun ini menjadi lulusan terbaik tingkat Departemen pada wisuda tahap V TA 2018/2019 yang dilaksanakan pada Rabu, 13 Maret lalu. Sebagai lulusan baru, Nubzatsania atau yang akrab dipanggil Uca ini sedang menjalani aktivitasnya dengan magang di jaringan komunitas pendidikan Indonesia yang bernama Semua Murid Semua Guru (SMSG). Kegiatan tersebut ia lakukan untuk menambah pengalaman kerja, ilmu, dan teman-teman baru selama menunggu panggilan interview dari lamaran pekerjaan yang ia daftarkan.

Organisasi dan Kegiatan yang Diikuti Selama Menjadi Mahasiswa

Selama menjadi mahasiswa, Uca tidak terlalu disibukkan dengan kegiatan di luar akademik. Hanya hal-hal yang sesuai dengan minat dan ketertarikannya yang ia ikuti. Uca tergabung dalam Sanggar Juara Foundation sebagai Public Relation dan aktif di Paguyuban Karya Salemba Empat IPB. Mulai dari menjadi staff HRD, kemudian menjadi sekretaris 2, hingga saat ini Uca masih menjabat sebagai sekretaris 1.

Dalam hal membagi waktu antara akademik dan kegiatan non akademik, Uca mengaku bahwa dirinya bukan orang yang pandai untuk itu. Namun dalam pelajaran ia selalu memperhatikan dan mencatat materi yang disampaikan oleh dosen. Meringkas materi sebelum dipelajari, kemudian ditambah catatan-catatan dari perkataan dosen. Itulah strategi yang dilakukan Uca selama menjadi mahasiswa yang memudahkan ia dalam hal mempelajari materi agar tidak stress pada waktu ujian tiba. Ayahnya yang cukup disiplin mengajarkan kepada anak-anaknya untuk rajin belajar. Dari kebiasaan tesebutlah yang sering Uca terapkan sehingga memudahkannya dalam poses belajar sehari-hari.

Motivasi Diri dalam Mencapai Mimpi

Sebagai anak pertama dalam keluarganya Uca ingin kedua orang tuanya bangga pada dirinya. Sebagai seorang kakak, Uca ingin menjadi panutan yang baik bagi adik-adiknya. Ketika ia sedang ambruk dan sedang dalam keadaan pesimis, ia selalu ingat kedua orang tuanya. Peran ayahnya sebagai kepala keluarga yang bekerja keras untuknya dan peran ibu sebagai pendengar dan penasihat serta memberi kepercayaan menjadi motivasi terkuat bagi dirinya untuk bertanggung jawab membalas semua kerja keras dan kepercayaan kedua orangtuanya.

Asa Sakina Tsalisa, adalah adik pertama Uca. Dalam hal prestasi pendidikan, adiknya ini memiliki kegigihan, tekad, dan planning hidup yang begitu terencana. Itulah yang membuat Uca termotivasi agar dapat belajar dari adiknya untuk memperbaiki dalam hal menyusun rencana dan hal-hal yang ingin ia capai kedepannya.

Pesan Kakak untuk Adik-Adik SKPM

“Buat adik-adik ku SKPM, menurutku yang paling utama si sebagai mahasiswa SKPM jangan pernah luntur rasa kebanggaanya jadi anak SKPM. Harus percaya kalo menjadi anak SKPM itu patut menjadi sebuah kebanggaan, karena ketika udah luntur rasa kebanggaan maka semangat belajarnya juga akan luntur. Terlepas SKPM itu pilihan ke satu, dua, atau tiga kalian, pada akhirnya sekarang kalian sudah menjadi bagian dari keluarga SKPM  jadi harus bangga,” tutur Uca.

Terus saranku waktu liburannya dipake buat magang atau cari pengalaman dibanding leha-leha dirumah, percaya deh itu bakal berguna banget. Soalnya banyak yang baru sadar ketika lulus termasuk ya aku sendiri hahahaha semangat terus ya!,” tutur Uca selanjutnya.

Itulah pesan yang disampaikan oleh salah satu lulusan terbaik SKPM angkatan 52, dengan itu kita semua harus bangga menjadi anak SKPM agar bisa membangun komunikasi dan mengembangkan masyarakat dengan baik, serta ilmu-ilmu yang didapatkan berguna bagi diri sendiri maupun masyarakat luas. (WR)

Related Posts

Leave a Reply

*