Departemen Sains Komunikasi danPengembangan Masyarakat

Akademik

Program studi di Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat

Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat – FEMA IPB menyelenggarakan pendidikan multistrata mulai dari program sarjana (S1), program magister (S2) hingga program doktor (S3).

Semua program studi telah terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi (PT). Untuk program sarjana telah terakreditasi internasional dari UAN QA sejak 2015.

Program Studi

Program Sarjana

Program Magister

Program Doktor

Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM) – IPB hadir dan turut membangun negeri Indonesia tercinta dalam semangat Bhinneka Tunggal Ika, meneguhkan nilai-nilai Pancasila, taat pada Undang-Undang Dasar 1945 dan setia pada NKRI. Departemen SKPM IPB memastikan dirinya menjadi salah satu pilar pendidikan ilmu-ilmu sosial di negeri Indonesia yang kita cintai. 

Departemen SKPM IPB adalah satu-satunya departemen di IPB yang mengemban mandat pengembangan ilmu-ilmu sosial paling lengkap terutama di bidang ilmu-ilmu komunikasi dan penyuluhan, ilmu-ilmu sosiologi dan pengembangan masyarakat serta ilmu-ilmu kependudukan, ekologi manusia, agraria dan ekologi politik.

Di Departemen SKPM IPB, kami mendidik mahasiswa baik untuk strata satu (sarjana), strata dua (magister), maupun strata tiga (doktoral).

  • Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (S1)
  • Sosiologi Pedesaan (S2)
  • Komunikasi Pembangunan (S2)
  • Sosiologi Pedesaan (S3)
  • Komunikasi Pembangunan (S3)

Departemen SKPM berkomitmen untuk menghadirkan pembelajaran berkualitas untuk peningkatan kapasitas sumberdaya manusia. Melalui kegiatan tri dharma perguruan tinggi, SKPM berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik baik semua mitra.

Keunggulan SKPM adalah sebagai institusi pendidikan yang terpercaya dan berkualitas yang ditunjukkan oleh raihan akreditasi A dari BAN PT dan akreditasi internasional dari AUN QA. Berbagai upaya peningkatan kualitas terus dilakukan agar mampu memjawab tantangan perubahan jaman.

Kontak Sekretariat

Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat

Wing 1 – Level 5, Jalan Kamper, Kampus IPB Darmaga
Bogor, Jawa Barat

+62-251-8627793
skpm@apps.ipb.ac.id

Senin – Jumat | 08.00 – 16.00

Follow Us

Student Resources

Program Sarjana merupakan program pendidikan akademik yang bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa menjadi warga negara yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, memiliki integritas kepribadian yang tinggi, terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan, dan masalah yang dihadapi masyarakat.

Koneksi Internet

Saat ini, jaringan internet IPB mulai memasuki babak baru, yaitu menerapkan single SSID multiple VLAN, dimana secara perlahan ragam SSID yang ada akan digantikan oleh satu SSID, yaitu IPB-ACCESS. Metode koneksi ini memberi kemudahan bagi pengguna jaringan internet IPB untuk tidak selalu login melalui captive portal saat pindah lokasi akses. Namun demikian, pada masa transisi, SSID lainnya masih difungsikan sampai batas waktu tertentu.

Selengkapnya »

IPB Mobile for Parents

Panduan Permintaan Akun IPB Mobile for Parents

Selengkapnya »

CCTV

Demi mendukung kondisi suasana aman dan nyaman civitas skpm saat perkuliahan atau diskusi  di setiap level gedung dipasang cctv  

Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangna Masyarakat

Fasilitas

Studio Televisi Green TV yang bisa  menjadi sarana berlatih mahasiswa dalam pengenalan dunia broadcasting. Untuk pengembangan kegiatan keorganisasian departemen menyediakan fasilitas ruangan himpro Himasiera di ruangan ini para pengurus mengembangkan berbagai program kemahasiswaan.

Stasiun radio siaran yang diberi nama AGRI-FM terletak di Node A Wing 1, 2, 4 dan 5 disertai pemancar yang letaknya tidak jauh dari tempat tersebut. Radio siaran ini sangat bermanfaat karena dapat menjadi ajang atau media latihan bagi mahasiswa dan sekaligus juga sebagai sarana komunikasi, diseminasi informasi serta hiburan bagi komunitas pendengar yang menjadi peminatnya. Agri-FM juga memiliki peranan penting sebagai media komunikasi lintas budaya antar civitas akademika IPB yang kebanyakan berasal dari luar Bogor, juga pengembangan potensi dan profesionalisme sivitas akademika dalam penyelenggaraan siaran radio.

Kondisi perpustakaan sangat nyaman dan luas sehingga menyebabkan mahasiswa cukup betah bila berada di perpustakaan. Apalagi ditambah dengan sistem pelayanan yang efisien dan modern. Misalnya dalam penelusuran pustaka, saat ini jarang mahasiswa yang menggunakan katalog tercetak karena sangat memakan waktu.  Kemudahan penelusuran pustaka dimungkinkan karena semuanya sudah terkomputerisasi menggunakan perangkat lunak yang khusus dirancang untuk itu.